Meski Sering Diguyur Hujan, Venue Skateboard Siap Dijajal Sepuluh Negara

0
133

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Meningkatnya intensitas curah hujan di Palembang akhir-akhir ini, tidak menjadi kendala bagi persiapan venue cabang olahraga (cabor) skateboard Asian Games di Palembang.

Memainkan dua nomor yaitu street dan park yang akan dimulai pada 28 sampai 29 Agustus mendatang, Venue Manager untuk venue skateboard, Egy Aditya Hillman memastikan jika pihaknya sudah menyiapkan langkah antisipasi agar pertandingan tetap berjalan lancar sesuai dengan jadwal sebelumnya.

“Mengenai faktor cuaca, kami sudah melakukan persiapan matang. Rata-rata Palembang diguyur hujan antara pukul 03.00 sampai pukul 05.00 WIB. Sementara, dari rundown kami untuk 10 negara, pelaksanaannya tidak sampai malam hari. Mungkin hanya sampai pukul 03.00 WIB,” ungkapnya usai menggelar konferensi pers, Minggu (26/8).

Masih kata Egy, pihaknya telah menyiapkan alat berupa tiga buah blower berukuran besar untuk menjaga agar lintasan tetap kering.

“Memang mandatorinya adalah skate park harus kering. Untuk itu, kami sudah siapkan tiga blower ukuran besar. Kami juga sudah menguji metode itu selama dua sampai tiga hari ini, dan hasilnya sangat memuaskan, jadi tidak ada masalah,” yakinnya.

Ditambahkan, skate park di Jakabaring Sport City (JSC) dibuat dengan materi concrete (beton), sehingga cenderung lebih cepat kering.

“Kami sudah mengantisipasi dengan banyak peralatan, apalagi hujannya juga tidak lama. Jadi, setelah hujan berhenti, sebelum disupport dengan peralatan, karena awalnya beton itu panas, jadi cenderung lebih cepat kering,” jelasnya.

Ditambahkan, secara keseluruhan, venue skateboard sudah disiapkan selama satu setengah tahun, sehingga diharapkan sudah bisa memenuhi standar venue yang sudah ditetapkan.

Egy juga berharap dengan adanya venue skateboard di JSC, anak-anak muda Palembang bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Harapan kami dengan adanya skate park standar internasional di JSC ini, bisa memicu kota-kota lain untuk membuat venue serupa. Diharapkan juga, anak-anak muda di Palembang bisa memanfaatkan arena ini dengan baik, sehingga bisa melahirkan atlet-atlet berprestasi,” harapnya.

Untuk diketahui, sampai saat ini, ada 10 negara yang akan menjajal arena skateboard yang sudah mendapat nilai grade “A” Asia itu. Awalnya ada 12 negara, belakangan India dan Singapura menyatakan mundur. Namun tidak diketahui secara pasti penyebab mundurnya kedua negara tersebut.

 

Laporan          : Irfan
Editor/Posting : Imam Ghazali