Meresahkan! Masyarakat Minta Polsek Sungai Keruh Tindak Tegas Aktivitas Pencarian Ikan Ilegal di Sungai

33
Tampak aktivitas warga mencari ikan dengan cara menggunakan racun (Putas) dan penyentruman di Sungai Keruh, yang sudah meresahkan masyarakat yang tinggal disepanjang bantaran sungai tersebut.

Sumateranews.co.id, MUBA – Lama tidak diguyur hujan, membuat sejumlah sungai di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan mengalami penyurutan sehingga dimanfaatkan oleh oknum masyarakat melakukan kegiatan mencari ikan dengan cara menggunakan racun (Putas) dan penyentruman.

Hal itu terjadi di Sungai Keruh, sehingga mendapatkan kecaman dari masyarakat lainnya yang merasa gerah dengan ulah pencari ikan illegal tersebut.

Muhammad Rizal, salah satunya. Menurut warga Desa Tebing Bulang ini, kegiatan mencari ikan menggunakan racun di Sungai Keruh selalu saja terjadi saat intensitas air sungai mulai surut. Bila dibiarkan, selain akan merusak habitat air dan sungai itu sendiri, juga menggangu aktivitas masyarakat untuk mandi dan mencuci.

Sebagai tokoh pemuda di Kecamatan Sungai Keruh, dirinya berharap peran serta semua Kepala Desa yang ada di aliran sungai untuk melakukan pencegahan dan sosialisasi akibat dampak yang ditimbulkan dari kegiatan mencari ikan secara illegal tersebut.

“Selama kegiatan mencari ikan secara illegal ini dibiarkan, kita masyarakat sekitar aliran sungai kedepannya akan terkena dampak buruknya. Di samping habitatnya punah, limbah racunnya juga akan mengakibatkan penyakit kulit,” ujar Rizal, Senin (06/07/2020).

Untuk itu, disampaikan Rizal, guna menjaga kelestarian habitat ikan, dirinya meminta aparat desa bertindak tegas dan menghentikan aktivitas pencarian ikan yang selama ini dilakukan dengan cara menebarkan racun di sungai. Apabila itu tidak juga diindahkan, pihaknya mengancam akan melaporkannya ke Polsek Sungai Keruh agar dilakukan tindakan tegas sesuai peraturan.

“Kita berharap, pihak kepolisian segera melakukan tindakan tegas terhadap oknum masyarakat yang melakukan kegiatan meracuni sungai karena perbuatan mereka sudah sangat meresahkan,” tukas Rizal.

Laporan : Hasbullah Anwar III Editor : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here