LahatNusantaraSecond HeadlineSumselWisata Kuliner

Menyibak Potensi Kabupaten Lahat Melalui Lomba Cipta Puisi & Cerpen

LAHAT – Pembagian hadiah pemenang menjadi puncak segmen Lomba Cipta Puisi dan Cerpen wartabianglala.com tahun 2020 yang berkolaborasi dengan TP PKK Kabupaten Lahat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat, dan disponsori Bank Sumsel Babel Cabang Lahat.

Kegiatan pembagian hadiah dilangsungkan di Gedung TP PKK Kabupaten Lahat dengan menerapkan protokoler kesehatan secara ketat, Selasa (22/12/2020).

Sebanyak 32 pemenang dalam kompetisi ini hadir secara bertahap untuk menghindari kerumunan. Dalam kegiatan pembagian hadiah ini turut dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidya Wati Cik Ujang, S. Hut, Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Lahat Taufik Hidayat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat melalui Kasubag Perencanaan Keuangan dan AMD Hasperi Susanto, M.Pd, Ketua PWI Lahat Ishak Nasroni, Ketua SMSI Lahat Baraf Dafri, dan Bendahara IWO Lahat Jumra Zefri.

Sesuai dengan yang telah ditentukan oleh pihak panitia, para pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa trophy, piagam, uang pembinaan, serta hadiah menarik berupa buku sastra dan kaos.

Selain itu, naskah karya yang dikirim ke email panitia juga mendapat ulasan langsung dari Dewan Juri Muhammad Rois Rinaldi, yang merupakan Penerima Anugerah Puisi Asia Tenggara 2014 (Numera, Dewan Bahasa & Pusaka Malaysia, 2014) dan Tokoh Sastra Asia Tenggara (HesCom Malaysia, 2015-2016).

Suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini disyukuri oleh Ketua Pelaksana Kegiatan Ricko Hazadi. Dirinya juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang turut berkontribusi menyukseskan kegiatan lomba yang telah dilaksanakan sejak November lalu.

“Alhamdulillah, kami selaku panitia sangat bersyukur dan bangga karena lomba Cipta Puisi dan Cerpen tahun 2020 yang kami selenggarakan berjalan lancar dan sesuai harapan. Untuk itu kami ucapkan terima kasih sedalamnya kepada TP PKK Kabupaten Lahat, Disdikbud, Bank Sumsel Babel, serta pihak sponsor lainnya yang tidak mengikat. Adanya kegiatan ini kami harapkan menjadi wadah bagi para penulis di Kabupaten Lahat baik pemula maupun yang sudah berpengalaman untuk mengekspresikan karya mereka. Selain itu, kegiatan ini sebagai bentuk dukungan kami agar masyarakat Kabupaten Lahat tetap berkarya meski di rumah saja,” ungkap Ricko Hazadi.

Ricko Hazadi menambahkan, event ini akan menjadi kegiatan rutin bagi wartabianglala.com setiap tahunnya. Menurutnya, media wartabianglala.com selain berbasis informatif juga sebagai sarana edukasi bagi masyarakat.

“Impian kita untuk mengangkat dunia sastra di Kabupaten Lahat mesti berlanjut. Jadi event ini akan kita jadikan agenda rutin setiap tahun sebagai bentuk konteibusi dalam memajukan dunia literasi di Kabupaten Lahat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidya Wati Cik Ujang, mengapresiasi lomba Cipta Puisi dan Cerpen yang diselenggarakan Warta Biang Lala. Beliau juga berharap agar ke depan event serupa dapat kembali diadakan dengan kemasan yang lebih berwarna.

“Kami apresiasi ide yang muncul untuk kegiatan ini. Semoga ke depan akan lebih dikembangkan seperti kepenulisan cerita rakyat setiap desa atau objek wisata. Selamat untuk para pemenang lomba di event ini. Jangan berpuas diri. Jadikan ini sebagai awalan untuk mengangkat nama Kabupaten Lahat di dunia kesusastraan. Untuk yang belum menang tetap semangat, tetap asah terus kemampuannya,” ucap istri orang nomor satu di Kabupaten Lahat ini didampingi Kepala Bank Sumsel Cabang Lahat Taufik Hidayat dan Kasubag Perencanaan Keuangan dan AMD Disdikbud Kabupaten Lahat Hasperi Susanto.

Lebih membanggakan lagi, dalam ulasannya terkait pemenang lomba, Muhammad Rois Rinaldi selaku Dewan Juri secara gamblang mengatakan bahwa di lomba Cipta Cerpen dan Puisi wartabianglala.com 2020 telah mendapati beberapa nama yang berpotensi mengangkat kesusastraan Kabupaten Lahat, bahkan tingkat nasional.

“Setelah membaca karya-karya yang masuk dan menentukan para pemenangnya, saya melihat bahwa Okta Saputra dan Dee Hwang adalah dua penulis muda yang sangat layak diharapkan menjadi bagian penting kesusastraan Lahat dan bukan tidak mungkin, tergantung pada proses penempuhan mereka berdua, menjadi bagian penting bagi kesusastraan Indonesia,” ungkap Rois Rinaldi dalam catatannya untuk karya pemenang.

Berikut daftar pemenang Lomba Cipta Cerpen dan Puisi wartabianglala.com 2020 yang berhak menerima hadiah trophy, piagam, uang pembinaan, kaos menarik, dan buku sastra.

Cerpen Kategori SD
Juara 1
Azfar Aufa Ashil – Pantauan
(SDIT Labbaik Lahat)

Juara 2
Azzahra Zalfa Rismunadi – Cak Ingkling
(SDIT A Ba Ta Tsa Lahat)

Juara 3
Ilona Falda Miskis – Berkarang di Lubuk Larangan
(SDIT Labbaik Lahat)

Harapan 1
Sonya Valentin – Pemimpin Berbudaya Lahat Bercahaya
(SDN 12 Merapi Barat)

Harapan 2
Fajar Fathoni – Panorama Tepian Ayek Lematang
(SDIT Labbaik Lahat)

Cerpen Kategori SMP
Juara 1
Anisah Nabila – Aksa dan Laras
(SMP Rujukan Negeri 2 Lahat)

Juara 2
Muhamad Kaleka Amannullah – Pesona Kotaku
(SMP Negeri 6 Lahat)

Juara 3
Ahmad Zidane A Rizky – Nuansa Pantauan
(SMP Negeri 6 Lahat)

Cerpen Kategori Umum
Juara 1
Dee Hwang – Gantung Akar

Juara 2
Ummi Dzakayfat – Jembatan Pagar Batu, Saksi Bisu Damar Meraih Cita

Juara 3
Elvy Laili Za – Due Becucong

Harapan 1
Shangrylla Putri Aisyah – Ngantatkah Anak Bujang

Harapan 2
Neni Yusmita – Tanah Budaya

Harapan 3
Permatasyah – Petang-petang

Puisi Kategori SD
Juara 1
Muhammad Rajab Alkautsar Syah – Men Nak Iluk Mumpung Gi Tunggal
(SD Negeri 19 Percontohan Lahat)

Juara 2
Shania Binan Azzahra – Subhanallah Serelo
(SD Negeri 8 Lahat)

Juara 3
Azzahra Zalfa Rismunadi – Erai-erai
(SDIT A Ba Ta Tsa Lahat)

Harapan 1
Aniendhya Aruna – Lematang
(SD Negeri 19 Percontohan Lahat)

Harapan 2
Dinara Alkinan Hananiya – Kembang Kopi
(SD Negeri 19 Percontohan Lahat)

Harapan 3
Dhiya Fairuz Kamillah – Mengenal Dia
(SD Negeri 19 Percontohan Lahat)

Puisi Kategori SMP
Juara 1
Shabira Khoirranisya – Pacak Ulak Diulaki, Pacak Jangan Dijangani
(SMP Rujukan Negeri 2 Lahat)

Juara 2
Maria Alqib Thiyyah – Nuansa Kotaku
(SMP Negeri 6 Lahat)

Juara 3
Parel Pangayoman – Tepian Lematang
(SMP Negeri 6 Lahat)

Harapan 1
Fatimah Ira Ningrum – Pesona Lahat
(MTS Terpadu Labbaik Lahat)

Harapan 2
Diva Putri Kalila – Senandika
(SMP Rujukan Negeri 2 Lahat)

Harapan 3
Syafitri Damayanti – Atas Nama Cinta dalam Budaya
(MTS Terpadu Labbaik Lahat)

Puisi Kategori Umum
Juara 1
Okta Saputra – Resep Hehancang Tehung

Juara 2
Dee Hwang – Masih Ada Kudengar

Juara 3
Mufida Guswandina – Humah

Harapan 1
Nur Aisyah – Di Balik yang Tergerus oleh Zaman

Harapan 2
Novelia Putri Rianti – Mute Kawe

Harapan 3
Helen Swedya – Ngetam Padi, Ngangkit Balam

Laporan : Rilis SMSI Lahat III Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button