Mengungkap Dibalik “Sedekah Dusun” Desa Midar, Kearifan Lokal yang Harus Dilestarikan Generasi Muda

0
295

MUARA ENIM – Sedekah bumi atau sedekah dusun adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.

Hal ini dilakukan oleh desa Midar, kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, pada Minggu (20/6/21). Sedekah bumi atau sedekah dusun di desa Midar ini dimulai dengan memainkan gong dan gamelan di lapangan terbuka desa Midar.

Ketua adat desa Midar, Sahrul Hadi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kearifan lokal yang harus dilestarikan, khususnya di wilayah kecamatan Gelumbang.

“Kegiatan tersebut kami hanya meneruskan tradisi nenek moyang supaya bisa dilestarikan oleh generasi penerus,” ungkap ketua adat desa Midar.

Sementara itu, kepala desa Midar, M Irwan mengatakan, kegiatan tersebut rutin diadakan setiap tahunnya.

“Ini semua bentuk rasa syukur kami atas hasil bumi dan atas rasa syukur kami kepada sang pencipta.

Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap dimasa pandemi ini bisa berakhir supaya bisa beraktivitas seperti biasanya dan perekonomian masyarakat bisa meningkat dari tahun sebelumnya,” harap kepala desa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Midar, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), perangkat desa, tokoh agama, tokoh adat, dan masyarakat.

Laporan : Anil III Editor : Donni