Memalak Truk Angkutan, Deri dan Jeli Digaruk Timsus Polres Prabumulih

0
214
Kedua tersangka mengemis di muka umum atau memalak kendaraan truk di kawasan Jalan Lingkar-Tugu Nanas Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Timur, saat diamankan di Polres Prabumulih

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Setelah sempat diberantas dan ditertibkan pihak Polres Prabumulih, keberadaan “Pak Ogah” alias pelaku pemalak kendaraan truk bermuatan batubara dan kayu di sejumlah titik sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Prabumulih, belakangan ini kembali marak. Bahkan, meski terus ditangkap dan dikejar, pelaku pemalak angkutan truk ini terus bermunculan bak jamur di musim hujan.

Terbukti, seperti yang dilakukan kedua pemuda ini yakni, Jeli Karnadi alias Jeli (17), dan Deri Arwan alias Deri (31) keduanya warga Jalan Remaja Tugu Nanas Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat kota prabumulih. Bersama kedua temannya yang lain yaitu, Jk dan Dw keduanya buron melakukan mengemis di muka umum berupa memalak sejumlah uang kepada setiap kendaraan truk yang melintas di kawasan tersebut.

Akibatnya kedua pelaku Deri dan Jeli terpaksa dibekuk setelah terpergok Timsus Polres Prabumulih melakukan pemalakan di daerah kawasan Jalan Lingkar-Tugu Nanas Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat terhadap kendaraan angkutan yang melintas, pada Rabu (27/12) malam sekitar pukul 23.30 WIB. Sementara dua rekannya yang lain, Jk dan Dw berhasil melarikan diri saat penggerebekan terjadi.

Selanjutnya kedua pelaku bersama barang bukti uang pecahan lembar ribuan langsung digelandang ke kantor Polsek Prabumulih guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kasat Reskrim, AKP Eryadi menyebutkan, kedua pelaku bersama kedua rekannya (DPO) berhasil terjaring kegiatan patroli yang dilakukan anggota Timsus di sekitar lokasi Jalan Lingkar-Tugu Nanas Kelurahan Patih Galung. Kawanan pelaku pemalak ini tertangkap tangan saat sedang menyetopi dan memungut uang recehan pecahan Rp 1.000 s/d Rp 2.000 kepada setiap mobil angkutan yang melintas.

“Lagi, anggota kita berhasil menangkap pelaku pemalakan di sekitar kawasan Jalan Lingkar-Tugu Nanas. Dari tangan rombongan ini berhasil diamankan uang sebesar Rp 55.000 terdiri dari pecahan Rp 1.000 dan Rp 2.000,” jelas Kasat.

Kedua pelaku, dijelaskan Eryadi akan dijerat Pasal mengemis di muka umum. Ketika beraksi rombongan ini berbagi tugas, ada yang melambaikan tangan sebagai tanda isyarat menyuruh melamban dan menepikan kendaraan truk di pinggir jalan. “Yang lain menadahkan tangan ke arah pintu kanan sopir truk dan meminta uang. Dua orang berhasil diamankan, dan duanya lagi berhasil melarikan diri dari kejaran petugas,” tukasnya.

Laporan : AD

Editor     : Donny