Melawan Petugas, Begal Sepeda Motor Tewas Diterjang Peluru

0
401

sumateranews.co.id, OKUS – Usai sudah ulah Edison, pelaku begal yang selama ini meresahkan warga OKU Selatan. Warga Desa Gedung Nyawa Kecamatan Runjung Agung Kabupaten OKU Selatan ini tersungkur setelah diterjang peluru petugas, karena memberikan perlawanan saat hendak ditangkap dikediamannya.
Tersangka yang dikenal sadis dan tak segan-segan melukai para korban ini sempat hendak dibawa ke RSUD Muara Dua untuk diberikan pengobatan tim medis. Namun karena menderita pendarahan serius akibat luka tembak pada bagian pangkal paha tersangka akhirnya menghembuskan nafas terakhir saat perjalanan menuju rumah sakit.
Kapolres OKU Selatan, AKBP Ahmad Padomoan SIk SH didampingi Kasat Reskrim, AKP Ujang Abdul Aziz SE mengatakan, pelaku tewas dalam penyergapan tim gabungan di rumahnya, pada Rabu malam (06/09) kemarin. Ia tewas setelah diterjang peluru petugas karena melakukan perlawanan. “Tersangka disergap saat sedang berada dirumahnya. Tim gabungan sempat melepas tembakan peringatan, tetapi bukannya menyerahkan diri. Dia malah lari menuju pintu belakang dan langsung menyerang petugas kita dengan sebilah senjata jenis pedang sehingga petugas terpaksa melumpuhkannya dengan menembak pangkal paha kaki tersangka,” jelas Kapolres.
Ditambahkan Kasat Reskrim, AKP Ujang Abdul Aziz, yang memimpin langsung proses penangkapan menyebutkan pelaku Edison juga dikenal kerap melakukan curas dan meresahkan warga. “Dia sering kali berulah mencuri sepeda motor dengan kekerasan di seputaran wilayah OKU Selatan. Korban tak berani dan takut melapor lantaran motor yang dicuril bodong.” ucapnya.
Terakhir, sambung Ujang, pelaku dilaporkan melakukan curas oleh korban atas nama Tita Herawati, warga Way Bulan Kelurahan Bumi Agung, pada bulan Juli lalu dan korban Rizky Aprian, warga Kecipung Kelurahan Batu Belang Jaya kecamatan Muaradua OKU Selatan.
Berawal dari laporan para korban itu, petugas langsung bergerak cepat dan mengendus tersangka lagi berada di kampung halamannya. “Dari laporan warga tersangka hilir mudik mengendarai motor Yamaha Vixion. Mendapat laporan tersebut kami langsung bergerak,” terang Ujang.

Menurut Ujang, dari tangan pelaku pihaknya berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 unit sepeda motor Yamaha jenis Vixon tanpa plat polisi, dengan nomor rangka MH3RG4610HK016607 dan nomor mesin G367E0390171, serta satu bilah senjata tajam jenis pedang berikut sarung kulit gagang kayu.

“Dengan kematian tersangka ini, pihak kepolisian berinisiatif menyerahkan bantuan kemanusian kepada Keluarga tersangka dan membuat Berita Acara Penyerahan Jenazah kepada keluarga melalui Kades Gedung Nyawa,” tukasnya.
Laporan : Asmidan
Editor : Abdullah DOnni