PALI

Melalui Musrenbang 2019 Bappeda PALI Tingkatkan Percepatan Pembangunan dan Pengembangan SDM

Sumateranews.co.id, PALI – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar  Musrenbang Rencana Kerja Perangkat Daerah untuk tahun anggaran 2019 bersama pemangku kepentingan, stakeholder di tingkat kabupaten, di Gedung Pesos Komperta, Kamis (29/3).

Adapun tema Musrenbang ‘’Pemerataan dan Percepatan Pembangunan dalam Upaya Peningkatan Layanan dan Pengembangan SDM’’ itu, untuk mematangkan rancangan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) yang disusun berdasarkan kompilasi seluruh rancangan rencana kerja satuan kerja perangkat daerah.

Syharon Nazil S.H, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten PALI mengatakan, yang menjadi prioritas dalam Musrenbang tersebut adalah target menurunkan angka kemiskinan dari 14,53 persen menjadi 10,3 persen di tahun 2019 mendatang.

“Pertumbuhan ekonomi menunjukkan peningkatan 6,81 persen. Namun angka kemiskinan masih tinggi mencapai 14,53 persen. Angka ini kita targetkan penurunannya hingga 10,3 persen tahun 2019. Namun untuk mengapai target penurunan angka penduduk miskin di Bumi Serepat Serasan, perlu sinergitas seluruh Organisasi Perangkat Daerah,” paparnya.

Menurut Wakil Bupati PALI, Ferdian Andreas Lacony, S.Kom, memang perlu kerjasama seluruh OPD, dan kepala OPD harus memiliki terobosan untuk membuat program baru dalam peningkatan ekonomi masyarakat serta menurunkan angka kemiskinan.

“Tingginya angka kemiskinan di PALI salah satu penyebabnya karena anjloknya harga getah karet. Karena 80 persen penduduk PALI bergantung pada hasil perkebunan karet. Untuk itu, kepala OPD harus memiliki pemikiran kreatif dalam membuat program. Serta salah satu upaya menekan angka kemiskinan adalah mengkreasikan potensi lokal serta menyiapkan SDM yang siap bersaing,” tukas Wabup.

Laporan          : Anelka

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button