Mau Lulus Seleksi PPPK Besok, Ini Bocoran Kabid PTK Disdik Sumsel

0
501

Rebut Kuota 7.400 Guru di Sumsel 

PALEMBANG – Mulai besok, Senin, tanggal 13 hingga 17 September 2021 mendatang, sebanyak 10.080 guru SMA, SMK, dan SLB di Sumsel akan mengikuti seleksi PPPK.

Puluhan ribu peserta guru sekolah menengah ke atas ini pun dipastikan akan bersaing ketat untuk memperebutkan kuota formasi penerimaan yang hanya berjumlah 7.400 guru.

“Guru SMA, SMK dan SLB yang mengikuti seleksi PPPK berjumlah 10.080 orang.

Namun formasi yang diterima tahun ini berjumlah 7.400 orang,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Drs. Reza Pahlevi melalui Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan Sumsel, Emzen SPd MM, saat diwawancarai disela-sela acara Rapat koordinasi seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk jabatan fungsional guru tahun 2021, yang digelar selama 3 hari (9-11 September) di Hotel Beston,  Jum’at, (10/09/21).

Menurut Emzen, selama ini pihaknya melakukan rapat persiapan pelaksanaan seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk jabatan fungsional guru hanya lewat zoom (virtual).

“Namun, hari ini kita kumpulkan seluruh panitia penanggung jawab seleksi PPPK guru dari 17 kabupaten dan kota.

Di sini kita bersama membahas hal-hal yang akan dihadapi berkaitan dengan pelaksanaan PPPK,” terangnya.

Emzen kembali menjelaskan, dalam rapat itu melibatkan sebanyak 150 orang panitia, yang akan bertanggung jawab pada pelaksanaan tes seleksi PPPK pada tanggal 13-17 September 2021.

“Di sini kita menjelaskan secara teknis pelaksanaan tes seleksi, di antaranya peserta tes wajib rapid test Antigen secara gratis,” bebernya.

Lebih lanjut Emzen juga mengingatkan, kepada para peserta guru SMA, SMK dan SLB yang mengikuti seleksi PPPK untuk mempersiapkan diri secara matang dan sebaik mungkin.

“Persiapkan diri dari segi ilmu, dan kesehatan dijaga jangan sampai saat tes jatuh sakit,” imbuhnya.

Bahkan, ia menyebutkan, sebelumnya  Kementerian Pendidikan sudah memberikan kisi-kisi soal untuk sarana pembelajaran bagi para guru.

“Pelajarilah itu dengan baik,” tegasnya.

Selanjutnya, Emzen menuturkan, untuk tes seleksi PPPK akan mengunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

“Tes seleksinya dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Bagi yang belum lulus, maka masih memiliki kesempatan untuk ikut lagi pada tahun berikutnya.

Pasalnya, kebutuhan guru SMA, SMK dan SLB idealnya sekitar 8.000 lebih guru.

Jadi sebenarnya kita kekurangan guru,” tukasnya. (Are)

Editor : Donni