Masyarakat Sudah Bisa Nikmati Aplikasi Smart City Dan Bisa Menghubungi 112

0
128

Sumateranews.co.id,BANYUASIN — Bagi masyarakiat Banyuasin yang menginginkan informasi pelayanan publik yang ada diseputar lingkungan Pemkab Banyuasin, saat ini sudah bisa menikmati Aplikasi Serambi Integrasi Pelayanan Publik Sedulang Setudung (Sembilang) Smart City melalui androidnya. Selain itu, juga bisa dengan cmenelpon operator 112.

Dimana, Pusat Pelayanan Aplikasi Sembilang Smart City yang berada satu atap dengan Kantor Bupati Banyuasin ini, telah diresmikan oleh Bupati Banyuasin Ir SA Supriono MM dengan ditandai penguntingan pita dan penantangan dukungan bersama OPD dan steakholder Banyuasin, Kamis (5/7) pagi.

Bupati Banyuasin SA Supriono mengatakan dirinya mendukung penuh dengan hadirnya Aplikasi Sembilang Smart City di Banyuasin yang keuntungannya untuk kemudahan dan membantu masyarakat dalam memberikan informasi pelayanan publik.
Menurut dia, masyarakat harus bangga dengan adanya Sembilang Smart City di Banyuasin yang merupakan buah manis, karena Kabupaten Banyuasin termasuk salah satu dari 25 Kabupaten/Kota Smart City.

“Jadi, masyarakat cukup dirumah saja dengan mengunakan Aplikasi Sembilang Smart City atau telpon operator 112 menanyakan apa saja informasi yang dibutuhkan, sehingga hemat biaya dan tidak bersusah payah lagi datang ke kantor yang ditujukan,”katanya.

Dengan Aplikasi Sembilang Smart City ini, Supriono menegaskan apa yang diperbuat pemerintah saat ini adalah salah satu upaya keseriusan Pemkab Banyuasin untuk bekerja lebih transfaran, memberantas korupsi dan pungli di Banyuasin. Karena pelayanan publik yang diterapkan, tidak lagi melakukan tatap muka.

“Kita harus berpikir maju dan mengikuti perkembangan zaman modern sekarang, yang semuanya sudah mengunakan kecanggihan teknologi. Kalau tidak kita semua akan tergilas dan tertinggal, karena kemajuan IT tak bisa dihindarkan,”tegasnya.

Gabril M Sukarman, Kepala Dinas Kominfo Kota Sukabumi Provinsi Jawa Barat yang hadir saat launching Aplikasi Sembilang Smart City, mengapresiasi atas inovasi dari Kabupaten Banyuasin, yang telah menerapkan pelayanan publik dengan mengunakan Aplikasi Sembilang Smart City.

Dirinya memuji kemajuan IT Banyuasin dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lain. Karena Banyuasin yang pertama sudah menerapkan pelayanan publik berbasis Smart City. Ini akan menjadi motivasi dan akan menular Kabupaten/Kota lainnya.

“Prestasi yang dicapai Kabupaten Banyuasin sudah di tingkat Nasional, itu dibuktikan terbaik e-Voting dimana Banyuasin menjadi percontohan dari Kabupaten/Kota lain. Aplikasi yang dicetak Banyuasin jadi motivasi untuk mendorong daerah kami,”katanya.

Sedang Kepala Dinas Kominfo Banyuasin Erwin Ibrahim mengatakan, Pusat Pelayanan Aplikasi Sembilang Smart City merupakan bantuan dari investor PT Jasmita senilai Rp 3,5 Milyar, bukan dibiayai melalui APBD Banyuasin.
“Dimana Kabupaten Banyuasin satu-satunya diantara 25 Kabupaten/Kota yang mendapatkan bantuan dari investor, kalau daerah lain mereka biaya sendiri,”katanya.

Lanjut Erwin, aplikasi Sembilang dalam portal ini seluruh OPD ada operatornya. Dimana masyarakat akan diberikan ada 2 pilihan layanan telp 112 yakni kedaruratan diantaranya Dinas Damkar, Pol PP dan lain-lain, sedangkan pelayanan publik seperti Disdukcapil, perizinan dan lain-lain.

“Aplikasi ini ada dua versi yakni masyarakat bisa mengunakan aplikasi plat story, dan telp 122 call centre akan disalurkan ke OPD-OPD dan mereka tidak bisa berbohong akan ketahuan. Aplikasi Sembilang juga mudah diantispasi dari serangan hacker,”pungkasnya.

Laporan : Herwanto

editor     : Imam Ghazali