HeadlineNasionalOKUSecond Headline

Masyarakat OKU dan Kabupaten Sekitarnya Heboh Suara Dentuman Keras

Sumateranews.co.id, BATURAJA – Sejak Jumat malam pukul 21.30 hingga saat ini Selasa malam (25/12) pukul 21.10 WIB, suara dentuman keras terdengar oleh masyarakat OKU dan kabupaten sekitarnya.

Karuan saja, suara dentuman keras yang tak lazim itu membuat  heboh warga. Apalagi terjadi berkali-kali mirip suara bom-dinamit atau tembakan artileri.

Bahkan di daerah Ranau dari video WA yang beredar di masyarakat OKU dan sekitarnya, dentuman keras di daerah tersebut dibarengi dengan cahaya kilat.

Semula spekulasi yang muncul di masyarakat, menduga suara dentuman keras tersebut berasal dari anggota TNI yang sedang latihan tempur tembakan artileri.

Namun dugaan tersebut dibantah oleh pihak Kodim 0403 OKU, Dandim 0403 OKU Letkol (Arm) Agung Widodo melalui Pasi Intel Kapten (Inf) Hasan Jabar Tanjung menyampaikan kepada awak media bahwa suara dentuman keras yang terjadi di OKU Raya dan sekitarnya berulang-ulang beberapa hari ini bukanlah berasal dari latihan tempur TNI. Sebab pihak TNI sedang fokus pada pengamanan Natal dan Tahun Baru. Pihaknya menduga kemungkinan dari letusan anak Gunung Krakatau, namun belum bisa dipastikan, informasi lebih lanjut masih mereka cari lagi.

Dina salah satu warga Baturaja mengatakan ia sudah mendengar suara dentuman keras tersebut pada beberapa hari ini. “Dentuman itu bahkan saya dengar pertama kali pada malam hari sebelum terjadinya bencana Tsunami di pesisir Banten dan Lampung. Awalnya saya kira dari suara tembakan TNI latihan tempur tetapi ternyata bukan. Dapat infonya kemarin dari WA katanya berasal dari letusan anak Gunung Krakatau,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Azwar ketika ia berada di daerah Lengkiti OKU. “Saya dan teman-teman mendengar suara itu cukup keras di daerah Lengkiti,” ungkapnya.

Warga Baturaja lainnya, Iwan juga mendengar suara dentuman keras tersebut beberapa kali. “Pertama kali saya mendengarkannya pada malam hari, suaranya mirip tembakan artileri. Bahkan dentuman tersebut membuat sedikit getaran di dinding rumah. Ternyata setelah dapat pesan WA dari teman, ternyata kemungkinan dari letusan anak gunung Krakatau,” imbuhnya.

Hingga berita ini diturunkan suara dentuman sekali-kali masih terdengar di wilayah OKU Raya dan sekitarnya.

Laporan          : Duan Sipni

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button