Masuk Jalan Kota, Puluhan Truk Batubara dan Kayu Dipaksa Balik Arah

0
144

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Kesatuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Prabumulih, Senin (15/01) malam, kembali menggelar razia terhadap kendaraan yang melintas di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. Kali ini kegiatan rutin yang dipusatkan di titik KM 6 Gunung Ibul atau di depan Pendopoan Rumah Dinas Walikota Prabumulih ini menyasar kepada pengendara angkutan truk batubara dan angkutan kayu yang memaksa masuk melintasi jalan kota.

Sedikitnya sekitar puluhan truk batubara dan kayu dipaksa memutar balik arah dalam razia yang langsung dipimpin Kasat Lantas Polres Prabumulih, AKP Nofrizal Dwiyanto SH.

“Kegiatan ini razia rutin kita untuk menekan tindakan 3 C (Curas, Curat, dan Curanmor) serta cipta kondisi, bukan untuk persiapan pengaman Pilkada,” sebut Nofrizal, dibincangi di sela memimpin kegiatan razia.

“Tidak ada kaitan dengan kegiatan simulasi pengamanan pilkada, ini kegiatan rutin. Malam ini kita fokuskan kepada pengendara truk batubara dan kayu yang melanggar masuk jalan kota,” lanjut Nofrizal.

Menurut Nofrizal, dalam kegiatan razia kali ini pihaknya bekerjasama dengan Satuan TNI dari Koramil, POM, dan Pol PP. Usai diberikan peringatan, dijelaskan Kasat Lantas para pengemudi angkutan truk batubara dan kayu ini disuruh memutar balik arah.

Disinggung terkait seputar keberadaan sekelompok ormas dan OKP dalam razia tersebut, dijelaskan Nofrizal merupakan keinginan masyarakat sendiri. Namun dia tegaskan, bagi masyarakat tidak diperbolehkan untuk ikut mengatur bahkan menyetopi langsung angkutan truk tersebut.

“Tadi sudah kita tegaskan itu tugas polisi karena sudah diatur di Undang-undang. Masyarakat tidak boleh apalagi ada Perdanya, untuk melakukan penyetopan. Namun kita apresiasi apa yang dilakukan oleh sejumlah ormas ini,” imbuh Nofrizal.

Dari pantauan, hingga berita ini ditulis kegiatan razia masih dilakukan oleh anggota gabungan. Tak hanya angkutan truk batubara dan kayu yang datang dari arah Muaraenim menuju Palembang ditertibkan petugas, juga kendaraan truk yang datang dari arah sebaliknya juga dipaksa memutar balik arah.

Tampak hadir dalam kegiatan razia rutin tersebut, Kabag Ops Polres Prabumulih, Kapolsek Prabumulih Timur dan Kapolsek Prabumulih Barat, serta Kasat Pol PP Prabumulih.

Laporan : Taufik Hidayat
Editor/Posting : Imam Ghazali