Masjid Al Ghazali Unsri dan Masjid Mu’alimin Sukses Potong Hewan Qurban

0
322

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Sebagaimana masjid dan musola yang ada di Sumsel, maka Masjid Al Ghazali Unsri dan Masjid Mua’alimin pun sukses melaksanakan pemotongan hewan qurban. ‘’Untuk hewan qurban tahun ini berjumlah 7 ekor sapi dan 10 ekor kambing,’’ ujar Ketua Mesjid Al Ghazali Prof H. Imron Zahri saat mengumumkan tentang jumlah hewan qurban sebelum Sholat Idul Adha, Jumat (1/9).

Sedangkan pemotongan hewan qurban dimulai pukul 06.30 WIB Sabtu (2/9) di halaman Mesjid Al Ghazali Unsri Jalan Sri Jayanegara Palembang. Tiga penyembelih hewan qurban yakni Imam Ghazali, Hubaid, dan Ropingan sukses melaksanakan tugasnya hingga pukul 10.00 WIB. Lalu panitia secara bersama-sama membagikan hewan qurban menjadi 560 bungkus lebih. Usai Shalat Ashar, semua daging selesai dibagikan.

‘’Untuk tahun ini, pemotongan dan pembagian daging terbilang cepat. Biasanya pembagian daging selesai menjelang magrib, tapi kali ini habis Ashar sudah selesai,’’ ujar H. Sunarno.

Dalam pantauan Sumateranews.co.id, dari 7 ekor sapi, sempat ada satu ekor sapi yang ngamuk dan lepas. Hal itu akibat salah seorang panitia bernama Sarjuki salah dalam mengamankan sapi saat mau dipotong. ‘’Mang Juki tu harusnyo megang tali yang ado di kepala sapi, bukan megang tali panjangnyo. Jelas bae sapi ngamuk dan lepas. Tapi untunglah, sapi dapat diamankan sekitar 15 menit kemudian lalu langsung dipotong sama Pak Imam,’’ ujar Jemmi, panitia lainnya.

Sementara itu, di tempat terpisah yakni di Masjid Mu’allimin pada hari raya Idul Adha 1438 H juga telah disembelih hewan qurban 15 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Pembagian daging qurban sendiri dihadiri Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda.

“Makna yang diambil di Hari Raya idul adha adalah berbagi. Bukan hanya pada hari raya saja, tetapi dalam kehidupan sehari – hari,” ujar Fitrianti Agustinda seusai penyerahan daging qurban di Masjid Mu’alimin Kelurahan Bukit Lama, Sabtu (02/9/2017).

Lebih lanjut Politisi PDIP ini menerangkan, jika dalam kehidupan sehari hari kita bisa saling berbagi, Insya Allah tingkat kehidupan sosial bisa merata dan suasana damai dan tentram tercipta.

“Alhamdulilah, hari ini sebanyak 1.250 paket daging qurban dapat dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu. Atas nama keluarga dan Pemerintah Kota Palembang saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha, mohon maaf lahir dan batin,” tegasnya.

Sementara itu, Mimin salah satu warga RT 64 sangat berbahagia dengan pembagian daging qurban yang dibagikan di Masjid Mu’alimim tersebut.

“Senang, rasanya mendapat daging qurban. Apalagi tadi dihadiri Wakil Walikota,” tandasnya.

Laporan : Imam/Sri

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre