Masjid Al Ghazali Kumpulkan Zakat Senilai 37 Juta Lebih

0
167

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Tahun ini Pengurus Masjid Al Ghazali Unsri berhasil mengumpulkan zakat senilai Rp 37 Juta lebih. Adapun rinciannya adalah penerimaan zakat fitrah berupa uang Rp 8.845.000 dan beras 499,5 kg, zakat mal Rp 29.815.000, serta fidyah Rp 150.000 dan beras 6 kg.

Demikian laporan Ketua Masjid Al Ghazali H. Prof. Imron Zahri sebelum pelaksanaan Shalat Idul Fitri, Jumat (15/6) pagi tadi. ‘’Penerimaan zakat tersebut telah kami salurkan kepada para mustahik. Alhamdulillah semua telah tersalurkan semalam (malam takbiran, red),’’ tegas salah satu Guru Besar Unsri itu.

Selain itu, Imron Zahri juga melaporkan beragam kegiatan selama Ramadhan di masjid yang terletak di Jalan Srijaya Negara Bukit Besar Palembang tersebut yakni mulai Shalat Taraweh, Buka Bersama, Tadarusan, Ceramah Bakda Subuh, hingga Iktikaf. ‘’Alhamdulillah, semua kegiatan tersebut berlangsung tertib dan lancar berkat bantuan semua pihak termasuk Bapak Rektor Unsri,’’ cetus Imron.

Untuk Shalat Id dan Khatib oleh Drs. H. Mgs. M. Yunus Umrie. Dalam isi khutbahnya, antara lain minta kepada segenap kaum muslim untuk senantiasa menjaga kemenangan yang telah diraih setelah sebulan penuh berpuasa. ‘’Mari jaga keimanan sebagaimana bulan Ramadhan, dan semoga Allah SWT memberikan keberkahan  kepada kita,’’ ujarnya.

Selain itu, juga disinggung agar kaum muslim dapat menjaga kesucian niat dalam beribadah. ‘’Salah satu contohnya, para panitia zakat jangan minta dipuji. Sebab jika minta dipuji, maka dia akan mendapatkan pujian semata bukan pahala. Begitu juga para petugas di mesjid. Jika mereka hanya minta imbalan uang, maka dia hanya akan mendapatkan uang tanpa pahala,’’ tegas Yunus Umrie yang juga mantan Ketua Masjid Al Ghazali.

Usai pelaksanaan Shalat Id, para jemaah dan pengurus melakukan silaturahmi di halaman masjid.

Laporan/Posting   : Imam Ghazali