HeadlineMuara EnimNusantaraSecond Headline

Warga Pertanyakan Dana Bangub 2019, Kades Petanang: Semuanya Sudah Dibelikan, Tetapi Memang Belum Diberikan

Sumateranews.co.id, MUARA ENIM – Dugaan adanya penyimpangan terhadap kucuran dana bantuan gubernur (Bangub) untuk desa tahun 2019 terjadi di Desa Petanang, Kecamatan Lembak, kabupaten Muara Enim. Bahkan warga mempertanyakan bantuan seragam kesehatan yang dibagikan kepada 2 (dua) petugas bidan desa setempat.

“Kalau itu dari bantuan gubernur (bangub) kenapa cuma bidan saja, yang dibantu pakaian kesehatan. Sementara lainnya mana, padahal dana itu sudah turun pada September 2019 tadi, ini yang menjadi warga sekarang ini,” ungkap salah seorang warga, yang meminta namanya tidak disebut saat mengimformasikannya kepada media ini, Senin (23/12.2019).

Masih menurut sumber ini, dana bangub yang dikucurkan sebesar Rp25 juta. “Jika hanya untuk dibelikan pakaian kesehatan untuk 2 bidan desa disini mungkin tak sampai Rp1 juta pak, sementara duet bangub itu jumlah nominalnya Rp25 juta. Kami warga minta kepada pemerintah dan aparat agar mengaudit anggaran di desa Petanang ini,” selorohnya.

Lebih jauh disampaikan warga ini, mesti Kades Petanang sekarang tidak terpilih kembali. Namun tanggung jawab penggunaan anggaran selama dirinya menjabat, termasuk pembangunan jalan setapak di kampung (Dusun) II dan III, yang saat ini masih tahap pengerjaan.

“Itu juga pengerjaan jalan setapaknya kita tidak tahu, apakah pakai dana desa atau bangub karena tidak jelas dan tidak melibatkan warga,” jelas warga ini.

Sementara itu, Kepala desa Petanang, Tarmiyadi ketika berhasil dikonfirmasi lewat via ponsel terkait dana bangub tersebut membantah, jika dana bantuan dari Gubernur Sumsel itu tidak dilaksanakannya.

“Sudah, Karang Taruna juga sudah, termasuk kursi tamu untuk kantor Kades,” ujar Kades, seraya menjelaskan rincian penggunaan dana bangub 2019.

Namun demikian, dirinya mengakui peralatan bantuan bagi Karang Taruna memang belum diberikan sampai saat ini. Karena menunggu Karang Taruna di desanya untuk mengambilnya sendiri.

Disinggung terkait bantuan peralatan bagi Karang Taruna, dan lamanya barang itu diberikan, dijelaskan Kades Tarmiyadi yakni, berupa alat steam motor dan alat mesin penambah angin.

“Sudah kita belikan, tapi memang belum kita sampaikan. Alatnya sudah dirumah kito. Dan kenapa belum dikasihkan, karena dari karang taruna kurang ada koordinasi sehingga belum diberikan,” jelas Kades Petanang, yang tinggal beberapa hari lagi akan diganti oleh Kades terpilih.

Laporan : King

Editor     : Donni

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button