Manfaatkan Hutan Sosial Untuk Tekan Angka Kemiskinan

15

Sumateranews.co.id, RIAU, – Melalui Vidio Teleconference (Vidcom) dengan Kemendagri Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH yang diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Ir. Nurhasani, MM memaparkan strategi Pemerintah Kabupaten Kampar dalam pengentasan kemiskinan dan peningkatan ketahanan pangan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui Hutan Sosial.

Acara Vidcom yang diadakan di Ruang Rapat Dinas Kominfo ini, pada Selasa (28/7/20), juga dihadiri Arizon Kepala Dinas Kominfo dan Beberapa kepala OPD dilingkup Pemkab Kampar di antaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Sosial, Dinas Koperasi dan Bappeda.

Saat memaparkan Ir. Nurhasani mengatakan, sudah sejak lama secara turun menurun masyarakat secara mandiri dapat mengembangkan hutan sebagai salah satu sumber pangan dan sumber pendapatan, karena Hutan Sosial memiliki potensi untuk mendukung ketahanan pangan dan penanggulangan kemiskinan.

“Dengan adanya program pemanfaatan mudah-mudahan pengentasan kemiskinan Melalui Kehutanan Sosial bisa teratasi,” ujar Nurhasani.

Saat bersamaan Arizon menambahkan dengan adanya tata kelola kehutanan sosial tersebut. “Diharapkan mampu menjadi solusi pengentasan kemiskinan yang selama ini terjadi di desa, khususnya bagi penduduk yang tinggal di sekitar hutan,” Kata Arizon.

Penyebab kemiskinan dapat terjadi karena kondisi alamiah dan ekonomi, kondisi struktural dan sosial, dan ini terjadi akibat keterbatasan sumber daya alam dan keterbatasan lahan.

Arizon juga mengimbau agar seluruh OPD dan stekholder agar berperan langsung dalam penanganan kimiskinan yang ada di Kabupaten Kampar dengan berbagai program yang diprioritaskan.

Laporan : Arifin III Editor : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here