Muara EnimSecond HeadlineSumselTekno Kes

Manfaatkan Energi Matahari, CSR Bukit Asam Latih 16 Operator PLTS

MUARA ENIM – PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota holding BUMN Pertambangan MIND ID melalui Corporate Social Responsibility (CSR) memberikan pelatihan optimalisasi pompanisasi berbasis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) selama dua hari dari Senin – Selasa (13-14 Juni 2022) kepada 16 orang operator PLTS, bertempat di Diklat Center PTBA Tanjung Enim, kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Adapun ke 16 Operator PLTS tersebut berasal dari Telawi Sawahlunto Sumatera Barat, Anjungan kabupaten Lahat, desa Pelakat Semendo, desa Tanjung Tiga Semendo, Pagar Dewa kecamatan Tanjung Agung, dan Tanjung Raja kecamatan Muara Enim serta Pulau Tegal bersama Pesawaran Lampung.

Saat membuka kegiatan, Manajer Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan CSR PTBA, Titin Dwi Oktariani mengatakan bahwa saat ini PTBA sedang mengembangkan energi terbarukan dengan memanfaatkan energi matahari (tenaga surya), seperti di Telawi Sawahlunto Sumatera Barat, Anjungan kabupaten Lahat, desa Pelakat Semendo,Tanjung Tiga Semendo, Pagar Dewa kecamatan Tanjung Agung, dan Tanjung Raja kecamatan Muara Enim, serta Pulau Tegal bersama Pesawaran di Lampung.

Namun ada kendala yang muncul bagaimana melakukan perawatan peralatan PLTS yang telah terbangun dan terinstalasi agar dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama. Untuk itu perlu dilakukan pemeliharaan rutin.

Titin berharap dengan memberikan pengarahan kepada operator yang bertanggung jawab atas pompanisasi dan distribusi air irigasi berbasis PLTS agar dapat melakukan perawatan rutin dari peralatan yang ada di instalasi pompanisasi yang sudah diserahterimakan kepada masyarakat yang ada di daerah binaan PTBA.

Dengan pelatihan ini, Titin melanjutkan Peserta semakin mengenal mengenai Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) dalam perawatan bangunan instalasi pompanisasi berbasis PLTS.

Seperti diketahui program ini memang sangat-sangat sejalan dengan visi dan misi perusahaan, Indonesia dan dunia yakni untuk mewujudkan green energi.

“Peserta mampu melakukan perawatan dan perbaikan harian, bulanan dan perencanaan untuk pompanisasi berbasis PLTS sehingga pompanisasi berbasis PLTS lebih optimal dan program kemandirian dari bantuan Sustainability PTBA dapat berjalan sesuai harapan perusahaan,” jelas Titin.

Turut hadir dalam acara pelatihan tersebut Manajer Perencanaan Dokumentasi dan Pelaporan Titin Dwi Oktariani dan selaku narasumber yaitu Prof. Dr. Ir. Rusdianasari, MSi., IPM, , Fatahul Arifin, ST. DiplEng.EPD., MEngSc., Ph.D, dan Dr. Eng. Tresna Dewi, ST. MEng.

Prof. Dr. Ir. Rusdianasari, selaku Ketua Program Studi Magister Terapan Politeknik Sriwijaya mengatakan, bahwa kesempatan kali ini untuk sharing pengalaman. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dengan materi di hari pertama materinya K3 dan di lanjutkan dengan perpompaan serta dilanjutkan dengan materi PLTS.

Sementara, Nurul Hidayat, peserta Pelatihan, berharap dengan pelatihan ini nantinya dapat menjadi operator PLTS yang berkompeten dan dapat menjaga PLTS dengan baik serta dapat mengoperasikannya dengan benar.

“Sebab adanya PLTS ini bisa menjadikan petani lebih makmur yang tadinya 1 tahun 1 kali panen, dengan adanya bantuan PTBA ini 1 tahun bisa 3 kali panen,” imbuhnya. (*)

Editor: Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button