Manajemen dan Pengelolaan PDAM Banyuasin Masih Semrawut

0
342

Sumateranews.co.id, BANYUASIN- Dari laporan yang diterima pihak Komisi II DPRD Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Ratusan karyawan PDAM Kabupaten Banyuasin, belum diketahui secara jelas statusnya.

Hal tersebut, diungkapkan Joko Aminoto Anggota DPRD Kabupaten Banyuasin, dari partai PAN di Ruang Komisi II DPRD Kabupaten Banyuasin, Rabu (19/9).

Ia mengatakan pada pengelolaannya dari struktural dan manajemen PDAM di Kabupeten Banyuasin harus dapat dibenahi terlebih dahulu. Agar dalam pengelolaan air bersih ke masyarakat dapat sesuai dengan apa yang diharapkan.

”Bagaimana air mau lancar mengalir kalau manajemen dan pengelolaan PDAM di Banyuasin masih semrawut,” kata Joko.

Joko juga mengungkapkan berdasarkan hasil dari laporan yang diterima pihaknya di Komisi II DPRD Banyuasin, jumlah karyawan PDAM Tirta Betuah sebanyak 172 karyawan yang berstatus magang dan digaji hanya sebesar Rp 500 perbulanya ditambah uang makan Rp 200 ribu. Bahkan mereka berstatus magang tersebut sudah bertahun-tahun bahkan sudah ada yang mencapai 7 tahun.

”Kalau kondisinya karyawan itu statusnya belum jelas, itu yang mesti juga dibenahi. Jadi memang perlu adanya Peraturan daerah (Perda) yang memang diperuntukkan dalam roda berjalannya PDAM,” tegasnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Pemkab Banyuasin untuk mengatasi masalah tersebut agar masyarakat dapat segera mendapatkan pelayanan air bersih yang baik.

”Kita akan berkoordinasi dengan Bupati yang baru. Karena air bersih yang baik buat masyarakat juga merupakan program 100 hari beliau,” ungkapnya.

Menanggapi permasalahan PDAM Tirta Betuah, Bupati Banyuasin, H Askolani merespon positif pihak DPRD Kabupaten Banyuasin senada dengan pihak komisi II, bupati yang baru dilantik itu akan melakukan pembenahan manajemen di tubuh PDAM.

”Kita akan benahi seluruh manajemennya karena sesuai juga dengan program kita. Namun kita juga perlu waktu dan anggaran yang banyak. Jadi hal itu tengah kita pikirkan mudah-mudahan 2019 anggarannya siap kita rombak abis,” tandas Bupati Terpilih Banyuasin itu, Kamis (20/9).

Laporan          : Herwanto
Editor/Posting : Imam Ghazali