Maksimalkan Wisata Bedegung dan Arung Jeram, Pemerintah Desa dan Pengelola Lakukan Evaluasi dan Lengkapi Fasilitas Sarana

159
kawasan Wisata Air Terjun Bedegung, yang terletak di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumsel.

MUARA ENIM – Keindahan panorama Wisata Air Terjung Bedegung dan lokasi arung jeramnya sepertinya menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan. Sehingga tak heran pesona air terjun tertinggi nomor 2 di Indonesia dengan ketinggian mencapai 99 meter, setelah Air Terjun Sigura-gura ini mampu menyedot wisatawan domestik maupun lokal.

Hampir setiap hari, kawasan wisata air terjun, yang terletak di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim ini selalu ramai dikunjungi masyarakat terutama pada Sabtu-Minggu, dan hari libur besar lainnya. Keindahan air terjun dengan dikelilingi pemandangan hutan yang masih alami, kebun kopi, dan pohon durian, serta keanekaragaman hayatinya membuat siapa pun yang berkunjung merasa betah dan ingin berlama-lama berada di lokasi wisata ini.

Apalagi saat ini, pihak pemerintah desa setempat dan pengelola kawasan wisata bedegung terus meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana penunjang lainnya guna memanjakan para pengunjung.

Kepala Desa Bedegung, Pinauli mengatakan, pihaknya bersama pengelola kawasan wisata bedegung terus berbenah dan berupaya maksimal agar keberadaan kawasan wisata tersebut terus mendapatkan tempat sebagai pilihan destinasi kunjungan wisata di Provinsi Sumatera Selatan khususnya Kabupaten Muara Enim.

Sejumlah anggota ISSI Cabang Prabumulih, saat berkunjung ke Wisata Bedegung, Sabtu (19/9).

“Kita evaluasi terutama program arung jeramnya, dengan pengadaan empat buah perahu arung jeram, sehingga pemanfaatan wisata di sini bisa maksimal,” jelas Kades, yang akrab disapa Pepeng, saat dibincangi awak media, Sabtu (19/9).

Masih disampaikan Pepeng, meskipun jumlah pengunjung mengalami sedikit penurunan karena pengaruh pandemi Covid-19, namun antusiasme pengunjung tetap normal.

“Adanya penurunan, namun antusiasme pengunjung masih banyak terutama pada Sabtu atau malam minggu, malah pengunjung dari luar wilayah Kabupaten Muara Enim juga banyak,” ungkap Pepeng.

Hal yang sama juga disampaikan Amrulah, salah satu pengelola kawasan wisata bedegung.

“Kalau sabtu dan malam minggu biasanya ada peningkatan jumlah pengunjung yang bermalam (menginap). Karena ada fasilitas rumah joglo, kemudian juga pengunjung bisa menikmati wisata di kolam pemancingan atau sembari mandi di sepanjang alur sunga enim yang sangat alami,” terang Amrulah.

Sementara, Bang Otel, salah satu pengunjung dari organisasi ISSI Cabang Prabumulih mengaku senang dan memberikan apresiasi terhadap kawasan wisata bedegung tersebut.

“Kami mewakili Tim Gowes ISSI Prabumulih, sangat mengapresiasi kawasan wisata air terjun dan wisata arung jeram bedegung ini. Dan kita malam ini menginap di perumahan joglo kawasan bedegung, sambil menikmati keindahan alam panorama bedegung. Mudahan mudahan kawasan ini tetap menjadi kebanggaan kabupaten Muara enim. Namun kiranya dinas terkait agar meningkatkan pemeliharaan fasilitas pendukung dan pemeliharaan sarana yang ada, sehingga bisa memotivasi kecintaan para pengunjung khususnya warga kabupaten muara enim terhadap keberadaan destinasi wisata bedegung ini,” harap bang Otel, yang berkunjung ke lokasi Wisata Bedegung bersama rekan-rekan komunitas pesepeda dan pengurus ISSI Prabumulih lainnya.

Laporan : Sidi III Editor : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here