Bangka BelitungPalembangParlemenSecond HeadlineSumsel

Maksimalkan Pemanfaatan Hutan, DPRD Babel Lakukan Studi Banding ke Dishut Sumsel

PALEMBANG – Komisi III DPRD Provinsi Babel melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel, Senin (25/10/2021). Kunjungan dalam rangka melakukan studi banding terkait Pemanfaatan Hutan yang ada di Provinsi Bangka Belitung ini diketuai oleh Ir. Azwar Helmi.

Azwar Helmi mengatakan, pihaknya  berkunjung ke Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel untuk melakukan diskusi dan sharing terkait pengelolaan kawasan hutan.

“Kawasan hutan termasuk juga Hutan Produksi di mana banyaknya masyarakat yang melakukan kegiatan usaha di sana, sampai saat ini kita belum jelas mengenai cara pengelolaan dan pemanfaatannya maka dari itu kita perlu belajar dan sharing pendapat dengan Dishut Provinsi Sumsel,”  terangnya.

Politisi PPP ini menyebutkan, melalui kunjungan ke Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel ini pihaknya berharap dapat belajar dan menggali lebih jauh lagi tentang regulasi yang ada di Provinsi Sumsel sehingga dapat diterapkan di Provinsi Bangka Belitung.

“Kemudian kita juga perlu membenahi tentang bagaimana kiat-kiatnya dalam memaksimalkan hutan hutan kawasan ini sehingga dapat berdaya guna bagi masyarakat serta saya yakin dapat bermanfaat yang begitu besar kepada masyarakat dan juga para pelaku usaha,” ucapnya.

Putra asli Komering ini berharap dengan adanya kunjungan tersebut dapat membawa Provinsi Bangka Belitung ke arah yang lebih baik, sesuai hasil arahan diskusi yang berlangsung bersama Kadishut Sumsel beserta jajarannya.

Selain itu dirinya juga menjelaskan bahwa dengan adanya kunjungan ini bisa mempercepat regulasi di bidang kehutanan, sehingga menjadi acuan pihaknya dalam memaksimalkan kawasan hutan yang ada di Provinsi Bangka Belitung dan diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat Babel.

“Hal tersebut juga kita harapkan dapat mengatur tentang kerja sama, tata cara dan pengelolaannya tentunya apa yang menjadi masukan dan saran dari Pak Kadishut Sumsel akan kami rekomendasikan menjadi sebuah catatan yang harus diperhatikan dan diperbaiki,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel Pandji Tjahjanto, S. Hut. Msi didampingi Kepala Bidang PPM (Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat) H. Achmad Taufik, ketika diwawancarai, berharap agar pemanfaatan hutan, baik di Sumsel maupun Babel, dapat mensejahterakan rakyat dengan tetap mengacu pada regulasi yang ada.

“Provinsi Sumsel dan Provinsi Babel, dapat saling belajar di bidang kehutanan,” ujarnya, singkat. (Are)

Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button