PendidikanSecond Headline

Mahasiswa UPGRI Palembang Telusuri Jejak Kesultanan Darussalam Abad 18-19

Sumateranews.co.id, PALEMBANG ─ Mahasiswa pendidikan sejarah telusuri jejak Kesultanan Palembang Darussalam. Tim Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  Universitas PGRI Palembang yang diketuai oleh Riki Andi Saputro dengan anggota Wahyudi, Zezi dan Daedy dipandu oleh Dr M Idris MPd, Wakil Dekan (Wadek) III FKIP UPGRI Palembang dan Jeki Sepriadi dari suluh melayu bersama-sama telusuri jejak kesultanan palembang darussalam di desa sako, gelebek dalam dan pangkalan gelebek, Selasa (11/02/2020).

Riki Andi Saputro menjelaskan bahwa hasil penelitian ini berhasil mengidentifikasi beberapa makam kuno dan keberadaan tempat-tempat bersejarah.

“Hasil penelitian lapangan dengan teknik survey permukaan berhasil mengidentifikasi makam kuno  abad 18 dan 19 masehi. Keberadaan makam menunjukan relasi iliran dan uluan melalui hubungan dagang dan politik. Keberadaan tempat tempat bernilai sejarah diperkuat data toponim pada kawasan ini seperti bukit layangan, Bukit sayak, Talang umbul. Sebagai batas kawasan kuno”, ungkapnya.

Jeki Septiadi juga menambahkan bahwa temuan nisan impor kuno menunjukkan kawasan ini merupakan bagian dari jaringan perdagangan kuno yang penting.  Kawasan ini merupakan kawasan kuno yang didiami priyayi palembang pada abad 18 dan 19 masehi.  Sisa-sisa peninggalan kelompok priyayi palembang masih tersimpan di rumah penduduk desa gelebek.

Dr. M. Idris, M.Pd. Wakil Dekan III FKIP Universitas PGRI Palembang mengatakan bahwa dia selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa pendidikan sejarah, kegiatan seperti ini memang sudah menjadi kegiatan rutin para mahasiswa prodi sejarah untuk menjelajahi peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di Sumatera Selatan agar peninggalan-peninggalan tersebut tetap bisa terjaga dan terpelihara.

 

Sumber  : FKIP UPGRI/Lv

Editor     : Syarif Umar

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button