PendidikanSecond Headline

Mahasiswa Miliki Wawasan dan Pemahaman, UPGRI Adakan praktek BKLS

Sumateranews.co.id, PALEMBANG − Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang mengadakan kegiatan pembekalan praktek Bimbingan Konseling Luar Sekolah (BKLS) di aula lantai 4 gedung Sience Center Universitas PGRI Palembang. Sabtu (30/11/2019).

Kegiatan Praktek Bimbingan dan konseling di luar sekolah ini merupakan salah satu kegiatan intrakulikuler yang ada di program studi bimbingan dan konseling. Kegiatan ini telah dilaksanakan di program studi bimbingan dan konseling universitas PGRI Palembang sejak tahun 2000.

Tujuan dilakukan kegiatan BKLS ini adalah diharapkan mahasiswa memiliki wawasan dan pemahaman terhadap berbagai permasalahan kehidupan di masyarakat, yang membutuhkan pelayanan bimbingan dan konseling, diharapakan mahasiswa terampil dalam mengaplikasikan teori dan praktik dalam bimbingan dan konseling di luar sekolah, diharapkan mahasiswa memiliki ketrampilan dalam melaksanakan tahapan penanganan kasus dan memberikan bantuan untuk pengubahan perilaku konseli sesuai karakteristik masalahnya secara efektif, dan tercapainya tuntunan komptensi profesional guru BK sebagaimana yang telah dirumuskan dalam permendikbud no  27 tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik Konselor.

Pelaksanaan kegiatan praktek Bimbingan Konseling Luar sekolah ini akan berlangsung mulai tanggal 2 Desember 2019 s.d.  8 Januari 2020, dengan jumlah peserta 60 orang mahasiswa yang berasal dari mahasiswa BK angakatan 2016 (semester VII). Selanjutnya Lokasi kegiatan praktek Bimbingan Konseling Luar Sekolah akan dilaksanakan pada tiga titik lokasi dan tiga orang dosen pembimbing.

Adapun dosen pembimbing dan titik lokasi tersebut adalah M. Ferdiansyah, M.Pd.,Kons yang akan membimbing mahasiswa di Pusat Keluarga Berencana Indonesia Palembang (PKBI) dengan jumlah peserta 20 mahasiswa, Erfan Ramadhani, M.Pd.,Kons yang akan membimbing mahasiswa di Panti Sosial Tresna Werdha dengan jumlah peserta 20 mahasiswa, Endang Surtiyoni, M.Pd yang akan membimbing di Lembaga Pembinaan Anak Kelas 1 A dengan jumlah peserta 20 mahasiswa.

Dalam kegiatan pembekalan tersebut Ketua Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling M. Ferdiansyah, M.Pd.menyampaikan laporan kepada ibu Dekan bahwa kegiatan BKLS ini mendapatkan apresiasi yang baik dari pihak lembaga, hal ini ditandai dengan direkrutnya alumni BK pada tiga lembaga tersebut sebagai karyawan tetap di tiga Instansi tersebut. Sehubungan dengan hal tersebut ketua prodi BK juga melaporkan kepada dekan bahwa kegiatan BKLS kedepan akan dijadikan mata kuliah sisipan, mengingat dengan adanya program KKN yang telah diprogramkan oleh pihak Rektorat.

Menanggapi laporan dari ketua Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Dekan FKIP Dr. Dessy Wardiah, M.Pd. menyambut baik usulan dari ketua prodi BK terkait dengan meleburnya mata kuliah BKLS sebagai matakuliah sisipin dan beliau juga merasa bangga karena para alumni bisa direkrut di lembaga-lembaga tempat praktek BKLS.

“Saya menyambut baik usulan dari ketua prodi BK terkait dengan meleburnya mata kuliah BKLS sebagai mata kuliah sisipin hal ini dikarenakan FKIP dan Universitas juga telah memiliki kegiatan Intrakurikuler yang dapat mengakomodasi matakuliah tersebut. Saya juga merasa bangga dengan direkrutnya alumni BK di lembaga tempat praktek BKLS. Saya berpesan agar peserta BKLS nanti dapat menjaga nama baik lembaga dalam melaksanakan program BKLS, dan semoga kegiatan Pembekalan BKLS dapat diikuti samapi dengan selesai dengan memperhatikan materi yang disampaikan oleh ketua prodi M. Ferdiansyah, M.Pd.,Kons dan ketua Lab BK Erfan Ramadhani, M.Pd.,Kons”, ungkapnya.

 

Sumber : FKIP UPGRI/Lv

Editor    : Syarif

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button