Mahasiswa FKIP UPGRI Palembang Masuk 15 Besar Krisna III

57
Mahasiswa FKIP UPGRI Palembang masuk 15 besar, lomba karya tulis Nasional. Foto: Dok.Humas UPGRI Palembang

Sumateranews.co.id, PALEMBANG − Tim mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang berhasil masuk dalam 15 besar finalis dalam lomba karya tulis mahasiswa nasional III (KRISNA III) yang akan dilaksanakan pada 03 – 05 Oktober 2019 di Universitas PGRI Semarang. Mereka adalah Rian Setiawan, Ragil yang merupakan mahasiswa Prodi PGSD dan Heni Gustina mahasiswi dari Prodi PG-PAUD.

Tim Universitas PGRI Palembang berhasil masuk dalam 15 besar dan akan bersaing dengan tim mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Beberapa diantaranya seperti Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Muhammadiyah Cirebon, Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Universitas Mataram, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Semarang (UNNES), dan Politeknik Energi dan Mineral Akamigas Cepu.

Rian menyebutkan dalam kompetisi ini mereka mengajukan karya tulis berjudul “Pengembangan Media AMTARA (Alat Musik Tradisional Nusantara) Berbasis Augmented Reality Sebagai Upaya Melestarikan Warisan Budaya Nusantara”. Karya tulis yang mereka usung tersebut secara garis besar memaparkan mengenai keberadaan alat musik tradisional yang sudah hilang kejayaannya. Banyak kalangan muda kurang tertarik pada alat musik tradsional.

“Oleh karena itu, sebagai kaum muda harus tetap mempertahankan kebudayaan itu sendiri jangan sampai menghilang begitu saja bahkan lebih parahnya diambil oleh bangsa lain. Salah satu cara menarik perhatian kaum muda terhadap alat musik yaitu dengan menggabungkannya dengan teknologi,” jelasnya, Minggu (15/9) di Prodi PGSD Universitas PGRI Palembang.

“Harapannya gagasan memperkenalkan alat musik tradisional beserta bunyinya melalui kartu yang kami buat dengan sistem Augmented Reality berbasis Android dapat diaplikasikan pada platform Android agar masyarakat mengetahui dan menggunakannya dalam implementasi melestarikan warisan budaya Nusantara,” imbuh Ragil.

Dekan FKIP, Dr. Dessy Wardiah, M.Pd. menyambut gembira berita ini dan mengaku bangga kepada Tim mahasiswa PGSD dan PGPAUD yang telah menunjukkan bahwa mahasiswa FKIP Universitas PGRI Palembang mampu bersaing dengan universitas negeri ternama di Indonesia. “Saya bangga mendengar berita ini, mahasiswa FKIP Universitas PGRI Palembang mampu bersaing di masyarakat dan bersaing dengan universitas negeri ternama di Indonesia. Kami mendoakan mahasiswa FKIP Universitas PGRI Palembang dapat mengharumkan Universitas PGRI Palembang dengan membawa kemenangan”, ungkapnya.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si mengucapkan selamat kepada mahasiswa FKIP Universitas PGRI Palembang yang telah berhasil 15 besar finalis lomba karya tulis ilmiah nasional.

“Saya selaku Rektor Universitas PGRI Palembang mengucapkan selamat kepada mahasiswa FKIP yang telah berhasil masuk 15 besar finalis lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional. Itu artinya, mahasiswa Universitas PGRI Palembang dapat menunjukkan kemampuannya dalam bersaing dengan universitas negeri di Indonesia. Semoga dengan adanya prestasi akademik seperti ini dapat memacu motivasi mahasiswa yang lain dalam mengejar prestasi”, pungkasnya.

 

Sumber : FKIP UPGRI/Ht

Editor    : Syarif

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here