Mahasiswa FKIP, Pemakalah Seminar Kesejarahan

0
202
Foto: Dokumen FKIP UPGRI Palembang

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Makalah mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang terpilih untuk mengikuti Seminar Kesejarahan Sriwijaya dan Poros Maritim Dunia di hotel Aryaduta Palembang, Selasa (7/8/18).

Pada seminar tersebut terdapat 50 makalah yang berhasil lolos seleksi salah satunya mahasiswa dari program studi pendidikan sejarah FKIP Universitas PGRI Palembang, Widya Novita Sari. Makalah yang diusung berjudul ‘Letak Strategis Selat Bangka dalam Perkembangan Jalur Pelayaran Perdagangan Masa Sriwijaya Abad VII-VIII Masehi’.

Ketika ia menyampaikan paparan, peserta seminar sangat antusias karena terbukti bahwa Selat Bangka merupakan wilayah strategis pelayaran perdagangan pada masa kerajaan kuno Sriwijaya bahkan Selat Bangka dianggap sangat penting demi perluasan Kerajaan Sriwijaya. Selain Widya, Dosen program studi Pendidikan Sejarah FKIP, Khabib Sholeh juga makalahnya terpilih untuk diseminarkan pada seminar Kesejarahan Sriwijaya dan Poros Maritim Dunia.

Dekan FKIP, Dr Dessy Wardiah MPd menyambut baik atas terpilihnya makalah mahasiswa dan dosen tersebut diseminarkan. “Saya sangat mendukung berbagai kegiatan yang positif dan bersifat ilmiah. Selain itu Saya bangga pada mahasiswa yang memiliki potensi yang besar dalam menulis karya tulis ilmiah, mudah-mudahan penelitiannya tidak hanya berhenti pada kegiatan seminar. Namun, dapat dipublikasikan dalam bentuk sebuah karya buku”, tukasnya.

Sementara Rektor UPGRI Palembang Dr Bukman Lian MM MSi, berharap dengan adanya mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah yang menjadi pemakalah seminar nasional yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa  se-Indonesia dapat memotivasi rekan-rekannya untuk melakukan hal yang sama. “Saya berharap dengan adanya Widya mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah tampil sebagai pemakalah pada seminar nasional yang dihadiri oleh dosen, mahasiswa  dan sejarawan se-Indonesia, ia dapat memotivasi rekan-rekannya untuk melakukan  hal yang sama demi meningkatkan reputasi prodinya masing-masing”,tandasnya.

 

 

Sumber : FKIP UPGRI/Ht

Editor    : Syarif