Mahasiswa Demo ke BPMD dan Inspektorat

0
195

Sumateranews.co.id, LAHAT- Sekitar 20-an mahasiswa Kikim Area menggelar demo damai ke Kantor BPMD dan Kantor Inspektorat Lahat. Dengan dipimpin Sunda, para mahasiswa pu menyampaikan aspirasinya ke dua kantor pemerintah tersebut.

Kedatangan pendemo sekitar pukul 11.00 WIB diterima langsung oleh Kepala Inspektorat Rudi Thamrin. Para mahaiswa pun menyampaikan aspirasi mereka terkait Alokasi Dana Desa (ADD).

Pihak Inspektorat Lahat pun memberikan tanggapannya secara langsung. “Dana desa dipergunakan sesuai dengan juklak atau petunjuk pelaksanaan. Apabila ditemukan penyimpangan dana desa, silakan kalian adukan ke pihak yang berwajib dan berlaku. Hal itu berlaku juga buat masyarakat tidak hanya mahasiswa saja,’’ ujar Rudi.

Mahasiswa Kikim Area pun menginginkan
transparansi dana di bawah pengawasan Inspektorat sesuai dengan Amanah Mendagri No 71 tahun 2015 bagian 1 huruf J mengatakan “Pendamping, asistensi, dan fasilitasi adalah tugas mutlak dari inspektorat bukan malah melakukan suatu jastifikasi terhadap kinerja dari setiap banyak audit pembangunan yang bersumber dari dana desa,’’ tegasnya.

Usai menyampaikan aspirasinya, mahasiswa pun membubarkan diri dengan tertib. Perlu diketahui, pengalokasian dana desa seluruh Indonesia mulai tahun 2015 Rp 20,76 triliun menjadi Rp 60 triliun pada tahun 2017 dan rencananya Rp 120 triliun untuk tahun 2018.

Laporan : Novita

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article