Mabes Polri Bentuk Satnus Tangkal Kegaduhan Politik

0
109
PERTEMUAN KAPOLRI DAN PANGLIMA TNI

Sumateranews.co.id, JAKARTA – Mabes Polri membentuk Satgas Nusantara (Satnus) yang bertugas khusus untuk mendinginkan suasana saat tensi politik sedang memanas selama tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan pemilihan presiden (Pilpres) 2019 berlangsung. Selain terdiri dari anggota polisi, tim khusus itu beranggotakan perwakilan tokoh masyarakat dan pemuka agama.
Kapolri Jenderal HM Tito Karnavian mengatakan, situasi politik perlu dikontrol melalaui Satgas Nusantara karena Pilakada tahun ini diikuti oleh banyak daerah di seluruh Indonesia dan kebetulan mendekati Pilpres 2019.
“Satgas Nusantara yang kita bentuk dalam rangka untuk mendinginkan isu-isu yang berkaitan dengan masalah Pilkada sehingga kita harapkan dengan pendinginan isu situasi politik yang memanas tidak sampai ramai meledak,” kata Tito di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (19/1/2018).
Tito kembali menjelaskan, disaat partai politik, simptisan mulai memanas untuk merebut kemenangan disitulah tugas Satgas Nusantara untuk mengembalikan suasana yang sejuk dengan cara menggandeng tokoh-tokoh masyarakat maupun pemuka agama untuk memberikan pernyataan yang mendinginkan.
“Partai sudah menstater mobilnya untuk memanaskan mesin, sebentar lagi mesin partai akan berjalan, mereka akan bergerak semua. Nah jangan sampai over, jangan sampai kepanasan, mesinnya terlalu panas, maka perlu ada pendinginan,” tuturnya.
Setidaknya ada sekira 171 daerah yang terdiri atas 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten, yang mengikuti Pilkada serentak 2018. Bukan tidak mungkin akan terjadi kegaduhan di daerah-daerah tertentu demi merebut kemenangan, terutama pada saat hari pemungutan suara. “Jadi ada kontestasi politik sehingga kita perlu ekstra keras untuk mengantisipasinya,” pungkas Jenderal bintang empat itu.

Sumber : Okezone
Editor : Syarif

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article