Lurah Bandar Agung Klarifikasi Kesalahpahaman Penyaluran Beras Rastra di RT 15 RW 05

0
530

Sumateranews.co.id, LAHAT- Dalam rangka menunjang program pangan nasional, pihak Bulog menyalurkan beras Rastra yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin yang dikelola pihak kelurahan melalui RT.

Terkait hal itu, adanya dugaan terjadinya pungutan liar di RT 15 RW 05 sejumlah 20 KK itu tidak benar dan terjadi kesalahpahaman antara LSM dan ketua RT yang membagikan beras Rastra secara langsung dengan masyarakat penerima.

Hal ini dikatakan Lurah Bandar Agung Syarifudin MD melalui Hj Marianah SE selaku Kasi Ekobag didampingi Kasi Pemerintahan M. Merza Prianto SH, Jumat (21/9).

‘’Jelas ini kesalahpahaman dalam penyampaian ketua RT yang mengatakan ” dalam pembagian Beras Rastra ke masyarakat itu dipungut sebesar Rp 10.000 perkampil. Padahal yang sebenarnya Rp 3000 perkampil x 3 kampil menjadi Rp 9000 digenapkan menjadi Rp 10.000 pertriwulan untuk per KK. Ini juga berdasarkan hasil kesepakatan rapat RT di Kelurahan pada 7 Februari 2018 lalu. Dimana berdasarkan hasil Notulen rapat disepakati 3000/Kk setiap bulan dalam Triwulan Rastra dibagikan ke 20 Kk tiga Kampil per KK. Dimana perkampil sebesar Rp 3000 x 3 kampil yang dibulatkan menjadi 10.000. Uang sebesar Rp 10.000 ini bukan untuk dikantongi secara pribadi melainkan digunakan untuk bantuan ongkos Transportasi Beras Rastra dari kelurahan ke RT masing masing dalam Kelurahan Bandar Agung Kecamatan Kota Lahat,’’ papar M. Merza Prianto SH.

Sementara itu di sisi lain, Syaripudin MD juga menambahkan bahwa yang mamanya juga manusia tidak luput dari kesalahan yang tidak terduga dalam penyampaian kata-kata. ‘’Untuk itu kami dari Kelurahan Bandar Agung secara langsung mohon maaf apa yang disampaikan mitra kerja kami yang ada di RT 15 RW.05 kepada pemerintah dan pihak terkait,’’ pungkasnya.

Laporan          : Novita/Idham
Editor/Posting : Imam Ghazali