Pemprov Sumsel

LRT Palembang Pertama Terapkan Sistem Keamanan Terpadu

Dukung Keamanan Asian Games 2018

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin, Minggu (1/10) pagi menyempatkan diri menerima audiensi President Director IMS Ecubes Norwegia Mr. Alexander Gerbec dan Direktur Opersional PT. Adhi Karya Pratha di Griya Agung Palembang.
Audiensi ini dilakukan dalam rangka mendukung Asian Games 2018 dan Green Smart City. Dijelaskan mantan Bupati Muba tersebut kedatangan perwakilan tersebut bertujuan ingin menjadikan Kota Palembang kota yang pertama kali menerapkan Sistem Keamanan Terpadu Light Rail Transit (LRT). Dengan sistem ini Alex memastikan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games akan disulap menjadi kota yang cantik, aman dan menjadi tujuan wisata malam. Rencananya penggunaan street light atau lampu jalan yang gemerlap tetapi hemat energi juga dilengkapi kamera pengintai atau cctv.
Menurut Gubernur Alex Noerdin, nantinya Palembang menjadi kota yang indah dengan sungai musi seperti di Sanghai, Dubai dan Paris, yang menarik banyak wisatawan. Palembang juga menjadi kota aman karena dapat mendeteksi perjalanan warganya.
“Jadi sangat mudah mendeteksi pelaku begal atau pelaku kriminal lainnya. Bahkan, juga ini mungkin akan disambut dengan senang hati oleh ibu-ibu karena dapat mendeteksi perjalanan suaminya,” ujar Gubernur sambil berseloroh yang disambut gelak tawa oleh para audiensi.
Sementara itu, Partha Direktur Operasional PT. Adhi Karya mengatakan bahwa nanti di sekitar trace LRT dan Jalan tol akan dibangun Transit Oriented Development (TOD). Dimana di sepanjang trace tersebut dibangun outlet-outlet yang menjual souvernir UKM dan restoran makanan khas Sumsel. “Jadi dampaknya memicu pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja tidak hanya di palembang tetapi juga di beberapa kabupaten di sekitar palembang,”katanya.
Kemudian, Mr. Alexander Gerbec menjelaskan bahwa tanggal 27 September 2017 telah dilakukan kerjasama dengan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex sebagai kabupaten yang pertama di Indonesia yang membangun green electricity dengan mobile floating power plant kerjasama dengan PT. Petro Muba yang dapat bergerak dari satu ke desa di wilayah perairan. “Ajang Asian Games 2018 menjadi showcase Hydrogen Car yang pertama di Indonesia bahkan di Asia,”ujarnya.
Disamping itu, Staf Khusus Gubernur Sumsel bidang Perubahan Iklim Najib Asmani menginformasikan tahun 2019 Sumsel sebagai tuan rumah Urban Environmental Summit yang merupakan ajang yang besar untuk mengembangkan Sumsel Green and Smart Province, dan Bupati Muba dipercaya sebagai Koordinator Nasional Green Kabupaten. Kepala Perwakilan IMS Ecubes Indonesia Husni Azof akan menyusun roadmap untuk mencapai tujuan tersebut.
Hadir dalam pertemuan mendampingi Gubernur adalah Staf Khusus Bidang Perubahan Iklim Najib Asmani, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi Sumsel Basyaruddin, Kepala Dinas Energi Sumberdaya Mineral Robert Herry dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sumsel lainnya.

 

Laporan : Rill/SU
Editor    : Syarif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button