LampungSecond HeadlineTekno Kes

Lomba Desa BBGRM. Apabila Pemenang Lomba Masuk 3 Besar, Wabup Lam-Tim Janji Berikan Ini

BUMI AGUNG Wakil Bupati (Wabup) Azwar Hadi telah hadir di tengah masyarakat Lampung Timur, Acara yang mengusung tema ‘Desa Bangkit Sehat Maju dan Sejahtera Pandemi Covid 19’. Yang dibuka langsung Wabup Azwar, yaitu acara Lomba Desa dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Kabupaten Lampung Timur Tahun 2021. Senin (05/04/2021).

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat.

“Lomba desa adalah untuk mengevaluasi sekaligus mendorong serta memberi motivasi kepada Pemerintahan Desa untuk dapat mengikuti lomba dan bersaing dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemerintahan dengan tujuan sebagai wadah apresiasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah berupa penghargaan kepada Pemerintah Desa atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan dan memandirikan serta mensejahterakan desa,” tegas Wabup Azwar hadi.

Azwar Hadi juga menyampaikan bahwa kepada desa terpilih sebagai 3 besar akan ada reward yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur.

“Pada kesempatan ini Tim Penilai akan melakukan pemeringkatan perolehan nilai masing-masing desa peserta lomba menjadi 3 (tiga) besar, dimana penentuan peringkat I, II, dan III akan diputuskan oleh tim penilai setelah masing-masing Kepala Desa tersebut melakukan pemaparan dihadapan tim atas potensi unggulannya, bagi desa terpilih akan mendapatkan reward berupa uang tunai yang penyalurannya akan ditransfer melalui rekening desa sebagai tambahan anggaran pembangunan didesanya,” terangnya.

Lebih lanjut Azwar menyampaikan untuk desa yang mendapatkan juara 1 Tingkat Kabupaten akan mewakili Kabupaten Lampung Timur ke Tingkat Provinsi.

“Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat merupakan sarana kegiatan untuk melestarikan nilai-nilai gotong royong yang ada di masyarakat dan sebagai juara I tingkat Kabupaten akan mewakili Kabupaten Lampung Timur dalam Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Tingkat Propinsi Lampung” tutup Wabup anyar di bumi tuah bepadan.

Saat diwawancarai pada kesempatan yang sama tepat pada akhir acara, Babinsa Koramil Sukadana Serda Joko Saptono menuturkan, “Saya selaku Babinsa bersama Bhabinkamtibmas sepenuhnya mendukung dan menyiapkan, terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang ada, kiranya tim penilai berpendapat, bahwa Desa Mulyo Asri Kecamatan Bumi Agung ini, telah siap dan layak untuk menjadi juara Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong menurutnya, ” tutur Joko pada awak media.

Dalam acara yang digelar di Desa Mulyo Asri Kecamatan Bumi Agung, selain Wabup Azwar Hadi hadir pula, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, M. Noer Alsyarif, Ketua TP.PKK Kabupaten Lampung Timur, Yusbariyah, Wakil Ketua TP.PKK Kabupaten Lampung Timur, Imah Azwar, Camat Bumi Agung, Hendra Septiawan, Danramil 429-05/Sukadana Kapten Inf. Jumali yang diwakili Babinsa Serda Joko Saptono, Kapolsek Bumi Agung, Iptu Hairul Muhammad, Kepala Desa Se Kecamatan Bumi Agung.

Laporan : Ahmad R III Editor : Syarif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button