Limbah Rumah Tangga Ciptakan Peluang Usaha

0
197
Foto Dokumen UPGRI

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang berhasil memenangkan hibah Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) Kemenristekdikti tahun anggaran 2018 dengan judul Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (kaca, kaleng, kulit telur, steyrofom, dan kardus).

PKM-K yang diketuai oleh Ayu Febrianti mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi ini bertujuan untuk mengolah limbah rumah tangga untuk menciptakan produk kreatif dan inovatif yang memiliki nilai jual. Ayu dan kedua rekannya Dian Junia Putri dan Riris Andesta mengaku sangat bersemangat dalam melaksanakan PKM-K ini karena selain memberi mereka kesempatan untuk berkreativitas dalam menciptakan sebuah karya yang inovatif dan memiliki nilai jual, mereka merasakan keseruan yang luar biasa saat melakukan bazar.

Produk yang telah dihasilkan dari limba rumah tangga ini ada lima belas jenis produk, seperti vas bunga, bingkai foto, kaligrafi, dan lain-lain. Semuanya dipasarkan dengan mengikuti bazar. “Untuk memasarkan produk, kami sudah melakukan bazar di GSC Jakabaring, Kambang Iwak dan Bisnis Center UPGRI Palembang”, ungkap Ayu.

Foto Dokumen UPGRI

Kegiatan PKM-K ini didampingi oleh seorang dosen pendamping, Neta Dian Lestari SPd MM. Selama melakukan pendampingan, Neta mengaku tidak merasa kesulitan. “Anak-anak selalu bersemangat dalam mengumpulkan limbah rumah tangga dan mengubahnya menjadi produk kreatif yang siap dipasarkan” ucapnya Senin (16/7/18).

Sementara Dekan FKIP UPGRI Palembang, Dr Dessy Wardiah MPd, sangat mendukung kegiatan ini. Dia berharap untuk tahun depan PKM-K di UPGRI Palembang dapat bertambah. “Tahun ini kita akan mengajukan proposal lebih banyak lagi agar kesempatan memenangkan hibah PKM-K tahun depan lebih banyak. Selain itu, kegiatan ini dapat melatih mahasiswa berwirausaha”, tukasnya.

 

Sumber : Rilis UPGRI/Ht
Editor    : Syarif