Lima Butir Atensi KPK Dalam Pembelanjaan Barang dan Jasa

49

#Usai Vidcon, Wako Palembang Langsung Koordinasi Dinas Terkait Ikuti Arahan Ketua KPK RI

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Dalam rangka menjalankan program pelaksanaan Anggaran dan Pengadaan Barang Jasa, dalam Pencegahan Penanganan Covid-19, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia secara langsung telah mewanti-wanti Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota untuk menghindari lima butir dalam melaksanakan kebijakan tersebut.

Salah satunya tidak melakukan persekongkolan perseorangan/kolusi dengan penyediaan barang dan jasa serta melakukan melakukan penyuapan dan mengandung gratifikasi.

Hal ini secara langsung dibenarkan ketua KPK RI Firli Bahuri, bahwa dalam menjalankan program tersebut, kita telah memperingatkan secara langsung kepada Pemprov, Pemkab dan Pemkot untuk tidak melakukan kecurangan dalam menjalankan program tersebut yang telah tercantum di lima butir atensi KPK dalam pembelanjaan barang dan jasa.

Dengan demikian, maka posisi KPK melakukan koordinasi dan monitoring dengan pihak LKPP dan BPKP untuk mencegah terjadinya tindak korupsi. “Saat ini KPK terus berkomunikasi dengan LKPP agar semua berjalan lancar. Mari kita doakan, agar wabah corona virus atau Covid-19, bisa tertangani dengan cepat dan jiwa saudara-saudara kita sebangsa dan setanah air bisa diselamatkan.

Hukum tertinggi adalah menegak hormati Hak Asasi Manusia. Penyelamatan jiwa manusia adalah prioritas pertama dan yang paling utama (saving human life is the first priority and our goals),” sambungnya, lanjutnya ia menambahkan juga telah bahwa dalam kondisi darurat, Pemerintah daerah dapat melakukan penunjukan langsung untuk melakukan pengadaan barang atau jasa tanpa melakukan lelang,”jelasnya saat melakukan Video Conference terkait Penyampaian Arahan Bapak Mendagri, Ketua KPK & BPK, Kepala BPKP & LKPP RI.

Menyikapi hal ini, Walikota Palembang Harnojoyo setelah mengikuti video conference terkait Langkah Antisipasi dan Akuntabilitas Pelaksanaan Anggaran dan Pengadaan Barang Jasa dalam Pencegahan Penanganan Covid-19 dari Lawang Jabo Command Center Kota Palembang, Rabu, 8 April 2020, langsung berkoordinasi bersama dinas terkait agar mengikuti arahan yang disampaikan oleh ketua KPK.

Laporan : Srie Gumay/Rilis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here