LampungSecond HeadlineWisata Kuliner

Lewat Safari Budaya, Hi. Saply TH Berharap Segera Terbentuk Dewan Kesenian Kabupaten Mesuji 

MESUJI – Bupati Mesuji, Hi. Saply TH menghadiri acara Safari Budaya dalam rangka memotivasi para pecinta kesenian di Kabupaten Mesuji, pada Rabu (09/2/2022).

Acara pelaksanaan Safari Budaya bersama Tokoh-tokoh Budaya Lampung, yang digelar di Aula Pemda Mesuji ini juga dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Ketua Dewan Kesenian Provinsi Lampung, Ketua Akademi Lampung, Staf Ahli, Asisten, dan Kepala OPD serta para calon seniman dan tamu undangan lainnya.

Bupati Mesuji Hi. Saply TH dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Mesuji, serta mengatakan selamat datang kepada Akademi Lampung, Ir. Anshori Djausal MT dan Ketua Umum Dewan Kesenian Lampung, Prof. Dr. Satria Bangsawan SE M.Si di Kabupaten Mesuji.

“Saya atas nama jajaran Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Mesuji mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Ketua Akademi Lampung Bapak Ir. Anshori Djausal MT serta Ketua Umum Dewan Kesenian Lampung Bapak Prof. Dr. Satria Bangsawan SE M.Si di Kabupaten Mesuji “Bumi Ragab Begawe Caram”.  Semoga Safari Budaya ini dapat memotivasi dan memberikan inspirasi bagi kami dan masyarakat Kabupaten Mesuji pada umumnya,” ungkap Bupati.

Dilanjutkan Bupati, melalui kegiatan itu ia berharap dapat dijadikan motivasi dan pemicu agar segera terbentuk Dewan Kesenian di Kabupaten Mesuji.

“Sehingga dapat memajukan Kesenian, Budaya dan para Penggiat Seni yang ada di Kabupaten Mesuji agar lebih terarah dan bermanfaat,” imbuhnya.

“Kebudayaan telah menjadi perhatian Pemerintah, hal ini dapat terlihat dari terbitnya Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Atas dasar ini maka kami pandang perlu untuk dapat dibentuknya Dewan Kesenian di Kabupaten Mesuji.

Hal ini diperlukan untuk meningkatkan Produktifitas dan menumbuhkan bibit Seniman baru serta untuk mengoptimalkan Potensi Seniman Daerah,” tutup Bupati.

Masih di tempat yang sama, Ketua Dewan Akademi Kesenian (DAK), Ir. Ansori Djausal MT mengajak seluruh OPD terkait supaya dapat lebih meningkatkan seni dan seniman agar kedepannya bisa memacu dan memajukan bidang kesenian

“Mesuji adalah salah satu tantangan bagi kami untuk mencapai kemajuan di bidang kesenian ini. Pusat Kesenian Akademi Lampung ada di Provinsi Lampung, mari bersama kita bangun,” ucapnya.

Ansori mengatakan, kesenian itu terdiri dari 7 macam yaitu, seni tari, seni music, seni lukis, seni fotografi, seni budaya, seni panggung, dan seni bela diri.

“Jadi begitu lah kesenian ada 7 macam yang sedang mendunia, tinggal kita yang tumbuh kembangkan budaya seni ini,”  pungkasnya. (Hry)

Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button