BanyuasinSecond HeadlineSumsel

Lestarikan Budaya Khas, Sekda Banyuasin Main Film

Sumateranews.co.id, BANYUASIN- Demi melestarikan budaya dan adat tradisional. HM Yusuf Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuasin, berperan sebagai tuan rumah dalam adegan Film Dokumentasi.

Aksinya dalam melakukan diàlog adat “Ngundang sedekah” tidak diragukan lagi. Làyaknya artis film yang telah biasa di hadapan kamera. Dengan berbahasa daerah Kota Pangkalan Balai Kabupaten  Banyuasin,  HM Yusup terlihat menghayati perannya sebagai seorang putra daerah asli bersama para Tokoh Adat Kota Pangkalan Balai yang turut berakting dalam cerita adat itu.

“Adat dan budaya asli memang harus dilestarikan dan memang kewajiban kita sebagai anak bangasa,” ujarnya usai melaksanakan perannya di Pendopoan Rumah Dinas, Bupati Kabupaten Banyuasin, kemarin sore, Kamis (04/07/19).

Dirinya juga mengungkapkàn saat ini dalam dunia pendidikan khusuanya di Kabupaten Banyuasin, peningkatan pendidikan dalam pelestarian budaya dan adat istiadat kepada anak-anak sejak usia dini juga telah dilaksanakan.

“Bukan hanya budaya, program Banyuasin Religius juga kita lakukan. Saat masuk sekolah sebelum belajar para pelajar akan melaksanakan membaca doa dan Yassin secara bersama,” terangnya.

Sementara Itu, Tokoh Adat Kota Pangkalan Balai, Adenan Abdul Somad menyampaikan kelestarian adat-istiadat serta budaya yang ada di Kabupaten Banyuasin sangatlah penting untuk dilestarikan. Karena semakin majunya zaman jika tidak dikenalkan ke anak cucu maka kebudayaan yang seharusnya dijaga akan hilang dengan sendirinya.

“Ini penting, semoga dengan cara melestarikannya dapat diteruskan oleh generasi muda yang ada di Banyuasin.” tandasnya.

 

Laporan          : Herwanto

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button