HeadlinePalembangSecond Headline

Laznas LMI Ajak Para Takmir Sinergi Makmurkan Masjid

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Puluhan pengurus masjid berkumpul di Masjid Al Saleh, Gandus, Palembang untuk bersinergi memakmurkan Masjid melalui Pelatihan Manajemen Masjid. Acara ini diinisiasi oleh Laznas LMI dan DKM Al Saleh sebagai bentuk komitmen mengembalikan fungsi masjid sebagaimana di masa Rasulullah.

Mayoritas masjid-masjid saat ini hanya digunakan sebagai ibadah. Sehari-hari, pintu tempat masuk masjid relatif sepi di luar jadwal salat dan kebanyakan dikunci.

Setiap satu tahun sekali, saat Ramadan masjid-masjid hanya berfungsi seperti menerima zakat fitrah dari para jamaah yang menyalurkannya untuk mustahik. Seolah fungsi masjid hanya sebatas untuk salat berjamaah yang terbatas saat azan dikumandangkan dan tempat membayar zakat fitrah saja.

Sementara pada masa Rasulullah masjid memiliki fungsi yang kompleks. Fungsi-fungsi tersebut di antaranya menjadi pelayan untuk kesejahteraan umat, terutama yang berada di sekitar masjid.

“Jika saat itu jumlah masjid sangat jarang, bukankah seharusnya di zaman sekarang ketika masjid jumlahnya banyak, maka banyak juga kemanfaatan yang berpusat dari masjid-masjid kita?” Tutur Agung Wijayato selalu Direktur Utama Laznas LMI.

Kegiatan ini menghadirkan Ketua DKM Masjid Jogokariyan, Ustaz Muhammad Jazir yang bertujuan memberi pembekalan kepada Takmir Masjid tentang konsep pengelolaan masjid. Bukan itu saja, tetapi pengurus masjid juga hendaknya menghadirkan diri untuk menjadi pendamping dalam memakmurkan masjid dan masyarakat sekitar masjid.

Apa saja poinnya?
1. Masjid buka 24 jam
2. Masyarakat tdk anti ke masjid
3. Masyarakat sekitar masjid merasakan manfaat secara berkelanjutan (pendidikan, ekonomi, dan sosial)
4. Masjid mandiri membiayai kebutuhan nya
5. Jama’ah bisa membiayai kebutuhan selama beribadah

Anda ingin tergabung dalam program sinergi masjid Laznas LMI? Silakan menghubungi kantor layanan Sumatera Selatan di nomor 0811 7808018 atau datang langsung ke alamat Jl. Musi VI blok M40B komplek pakjo Siring agung Palembang Sumatera Selatan.

Laporan : Are

Editor.    : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button