Layanan KUA Merapi Timur Mengecewakan

0
557

Sumateranews.co.id, LAHAT- Sudah menjadi kewajiban pada pegawai negeri di NKRI untuk memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat. Apalagi hal itu sudah tertera dalam sumpah pada saat yang bersangkutan diangkat menjadi PNS/ASN.

Lalu bagaimana jika di suatu kantor sepi alias tak sama sekali ada pegawainya. Jelas itu yang amat ironis. Jangankan mau memberikan pelayanan yang prima, ke kantor saja si pegawai tampak enggan. Padahal kantor tersebut selalu berhubungan langsung dengan masyarakat, tentu amatlah membuat kecewa warga yang ke sana.

Tampaknya hal itu terjadi di Kantor KUA Kecamatan Merapi Timur Desa Sirah Pulau Kabupaten Lahat Provinsi Sumsel, Selasa (08/08).

Berawal dari kedatangan seorang warga Kelurahan Pasar Lama Kabupaten Lahat berinisial DS (29) ke kantor KUA tersebut pada Senin (7/8). ‘’Saat itu saya ke Kantor KUA Merapi Timur, guna mendaftar jadwal pernikahan ke Kantor KUA Sirah Pulau. Setelah diterima berkas masih ada yang kurang, ujar salah satu pegawai kantor KUA. Lalu si pegawai menjelaskan juga masalah biaya. Yang rinciannya Rp 605.000 bayar ke bank, Rp 200.000 untuk biaya kantor, jadi totalnya Rp 800.000, itu sudah terima bersih dan juga surat yang belum harus dilengkapi terdahulu dan dibuat, yaitu surat rekomendasi dari kantor KUA karena lain kecamatan,’’ ujar DS kepada Sumatera News.

Tapi karena jaraknya lumayan cukup jauh dan waktu mengurusi untuk membuat surat rekomendasi tidak cukup lagi, maka DS memutuskan besok pagi untuk melengkapi kekurangan suratnya itu.

Besoknya DS mengantarkan surat kekurangan ke Kantor KUA Merapi Timur. Tapi DS sangat terkejut ternyata di kantor tidak ada satu pun pegawai KUA. ‘’Malahan sampai pintunya tertutup, saya lihat jam masuk dari sesudah makan siang sampai saya tunggu hingga pulangnya kehujanan. Sampai sore tidak ada pegawai KUA datang. Inilah yang membuat saya kecewa. Sebab surat yang kurang sudah saya urus secepatnya,’’ cetus DS.

DS berharap pihak terkait dapat sekali-sekali mengecek kantor KUA dan kantor lainnya. ‘’Jangan sampai warga yang datang dari jauh kecewa seperti saya,’’ tegasnya.

Laporan : Deka Saputra

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre