Lapas Lahat Over Kapasitas

0
195

Sumateranews.co.id, LAHAT- Lapas Lahat yang saat ini dihuni 443 narapidana sudah over kapasitas. Selain angka jumlah napi yang sudah tinggi untuk ukuran setingkat kabupaten, juga kapasitas kamar telah melebihi angka semestinya. Daya tampung kamar yang seharusnya 261 orang napi kini telah ‘’meluber’’ hingga dihuni 443 napi. Sungguh membuat rasa tidak nyaman para anak binaan yang ada di sana.

Saat dikonfirmasi Sumateranews.co.id, Selasa (1/8), Kalapas melalui Taufik Kasi Registrasi Lapas Lahat mengungkapkan bahwa dengan jumlah napi yang banyak tersebut menjadikan para sipir harus ekstrahati-hati dalam menjaga keamanan sekaligus kenyamanan para napi.

Saat ini jumlah napi di Lapas Lahat didominasi oleh kasus narkoba yang mencapai 50 % lalu disusul aneka kasus kriminal lainnya. ‘’Untuk kamar yang seharusnya diisi 12 napi terpaksa diisi 22 napi, kamar 6 orang diisi 12 orang, dan kamar 2 orang diisi 4 orang. Jadi lapas ini memang sudah over kapasitas,’’ cetus Taufik.

Bagaimana cara menjaga suasana agar tetap kondusif dan aman? ‘’Ya sesuai perintah Kalapas, maka para napi kami ajak untuk melakukan aneka kegiatan, mulai kegiatan keagamaan sampai kepada keterampilan. Sebab kita harapkan, setelah mereka menjalani masa tahanan di sini, maka mereka dapat berbaur kembali di masyarakat dengan baik tanpa melakukan tindakan kejahatan yang menyebabkan mereka menjadi penghuni lapas sebelumnya,’’ tandas Taufik.
Laporan : Novita/Idham
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre