Lapas Kelas IIB Muara Enim Jadi Pilot Project, Kalapas: Kembali Ciptakan Inovasi SAE Kembangkan Potensi Warga Binaan

68
Lapas Kelaas IIB Muara Enim Jadi Pilot Project, Kalapas: Kembali Ciptakan Inovasi SAE Kembangkan Potensi Warga Binaan

MUARA ENIM Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Muara Enim yang dikenal sebagai Pilot Project Satuan Kerja pada lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Selatan, terkait Inovasi-Inovasi, Proses Pembinaan, Layanan Publik dan Pelaksanaan Tugas dan Fungsi di Lapas Muara Enim, Rabu, (13/1/2021).

Salah satu Inovasi Pembinaan Kemandirian di Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Muara Enim yaitu Penanaman Sayuran Pakcoy dengan Metode Hidroponik, inovasi lainnya mulai dari Balai Latihan Produktif (BLP) Lapas Muara Enim Sumatera Selatan, Inovasi Kain Jumputan Lemang, Peci Batik Khas Muara Enim, Hasil kerajinan tangan WBP, Museum Heritage D’Enim sampai pada Inovasi Sarana Asimilasi Edukasi (SAE) yang sedang dalam tahap proses pembangunan.

Dalam Penjelasannya kepada awak media, Kalapas Muara Enim Bapak Herdianto Amd IP SH MSi, mengatakan bahwa Inovasi-Inovasi yang dibuat ini merupakan suatu Langkah Konkret dan Komitmen dalam memberikan pelayanan prima terhadap publik dan para Warga Binaan.

“Terkhusus kepada Warga Binaan, sebagaimana salah satu indikator keberhasilan suatu Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dalam mewujudkan Reintegrasi Sosial kepada para Warga Binaan, yaitu dilihat dari bagaimana pelaksanaan pembinaan yang diberikan serta bisa menjadi bekal, baik itu secara Kemandirian maupun kerohanian yang akan bisa diterapkan setelah bebas nanti dan pada akhirnya bisa menjadikan para Warga Binaan menjadi Pribadi yang lebih baik dari sebelumnya,” ungkap Herdianto.

“Lapas Muara Enim juga saat ini tengah menciptakan Inovasi Sarana Asimilasi Edukasi (SAE) yang mana Inovasi ini adalah Suatu Sarana bagi Warga Binaan yang menjalani Asimilasi untuk mengasah dan mengembangkan Potensi maupun keterampilan yang kemudian akan bisa di aplikasikannya di tengah masyarakat,” imbuh Herdianto.

Untuk diketahui, dalam acara tersebut juga turut hadir Kepala Balai Pemasyarakatan (Ka Bapas) Kelas IIA Lahat, Bapak Perimansyah.

Laporan : King III Editor : Syarif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here