PALISecond HeadlineSumselWisata Kuliner

Lantik SMSI PALI di Candi Bumi Ayu, Jon Heri: Saya Bangga, Satu-satunya Pelantikan SMSI Daerah di Sumsel, yang Tonjolkan Kearifan Budaya dan Wisata Lokal

PALI – Kepengurusan Daerah Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),  Senin (22/03/2021) resmi dilantik oleh Ketua SMSI Sumsel, Jon Heri S.Sos. Acara pelantikan yang dipusatkan di Balai Seni Candi Bumi Ayu, Kecamatan Tanah Abang, PALI ini dihadiri oleh Asisten II Usman Gumanti mewakili Plh Bupati PALI, Forkopimda, Ketua PWI PALI, Ketua KNPI PALI, Manajer Humas PT. MHP, PT. Adera, LR Pendopo Field Asset 2, dan perwakilan PD SMSI Kota Prabumulih dan SMSI Kabupaten OKI, serta Kapolsek dan para Kades di Kecamatan Tanah Abang, PALI.

Dalam sambutannya, Ketua SMSI PALI, Habibi menyampaikan, kesiapan SMSI PALI dalam menjalin hubungan baik dengan semua elemen yang ada di Kabupaten PALI demi terciptanya pembangunan yang kondusif, apa lagi saat ini, kabupaten PALI belum ada Bupati definitive karena masih sidang gugatan pilkada di MK.

“Hadirnya SMSI di Kabupaten PALI sebagai wadah berkumpulnya para pemilik media Siber di Kabupaten PALI serta sebagai cerminan dan kontrol sosial pembangunan di Kabupaten PALI terkhusus terkait pemberitaan, apalagi SMSI merupakan organisasi resmi yang sudah menjadi konstituen Dewan Pers selain PWI sebagai wadah organisasi Profesi Wartawan yang ada di Kabupaten PALI,” ungkap Habibi.

Sementara itu, Ketua SMSI Sumsel, Jon Heri pada sambutannya mengaku bangga dengan diselenggarakannya pelantikan SMSI PALI di tanah Candi Bumi Ayu, Tanah Abang. Selain menonjolkan kearifan alam dan budaya lokal, juga lebih bisa mengenalkan cagar budaya serta destinasi wisata candi satu-satunya yang dimiliki Sumsel kepada dunia luar.

Selanjutnya, Jon Heri menguraikan, hadirnya SMSI berawal dari pemikiran para senior dan pimpinan PWI seluruh Indonesia, yang melihat maraknya media online yang ada saat ini dan berada diluar jalur kaidah Jurnalistik.

“SMSI dan PWI ini adalah dua organisasi yang sama-sama konstituen Dewan Pers dan SMSI terlahir dari pikiran para petinggi PWI yang menganggap perlunya ada wadah bagi media-media online yang berbadan hukum perusahaan pers, professional dan bertanggung jawab,” papar mantan Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sumsel 2 periode ini.

Disampaikan Jon Heri, semenjak SMSI ini didirikan pada Maret 2017 lalu dan resmi menjadi konstituen Dewan Pers pada Juni 2020, SMSI terus melakukan pendataan dan melakukan verifikasi terhadap media online sesuai syarat-syarat yang ditentukan Dewan Pers.

“SMSI ini mempunyai wewenang melakukan pendataan dan verifikasi terhadap media siber sesuai ketentuan Dewan Pers, serta memberikan pelatihan agar media online tidak terjerat UU ITE. SMSI juga terus membentuk media online anggotanya supaya lebih professional dan bisa dipertanggungjawabkan untuk bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah,” terang Jon.

Sementara Plh Bupati Kabupaten PALI melalui Asisten II Usman Gumanti mengucapkan selamat atas pelantikan Pengurus Daerah SMSI PALI dan berharap bisa bersinergi dengan Pemkab PALI terutama dalam menjalin hubungan baik khususnya dibidang pemberitaan.

“Dengan semangat profesionalisme jurnalis dan berpegang pada kode etik jurnalistik, maka dalam kesempatan ini saya berharap kepada rekan-rekan sekalian untuk konsisten menyajikan pemberitaan yang berimbang, proporsional dan bertanggungjawab. Memberi nilai manfaat bagi masyarakat dengan pemberitaan yang informatif dan edukatif, serta tentunya menghindari pemberitaan yang bersifat bohong (hoax), fitnah maupun provokatif. Semoga sinergitas antara SMSI selaku Organisasi Media Online di Kabupaten PALI bersama Pemkab PALI terus semakin baik,” harapnya.(Rilis SMSI PALI)

Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button