Kasus & PeristiwaNusantaraSecond Headline

Lantik Perdana Barisan Republik, Ketua Umum: Kebangkitan Ekonomi Indonesia, Dimulai dari Provinsi Jawa Barat

Febryan Adhitya : Ekonomi Bangsa Akan Kokoh Jika UMKM Tumbuh dan Berkembang 

BANDUNG – Ketua Umum Barisan Republik, H.R.H Pangeran Senopati Febryan Adhitya SE M.Sn resmi melantik Kepengurusan DPW Barisan Republik provinsi Jawa Barat.

Acara pengukuhan ormas yang bergerak di bidang perekonomian kerakyatan dan bantuan permodalan tanpa agunan ini  digelar di Gedung Puskud (Pusat Koperasi Unit Desa)Jabar, kota Bandung, pada Kamis, 22 September 2022

Ketua DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Barisan Republik, Febryan Adhitya berharap dengan dikukuhkannya kepengurusan Barisan Republik di Tanah Sunda atau Pasundan untuk pertama kali di seluruh wilayah provinsi di Indonesia, bisa memberi angin segar bagi dunia usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Jabar, dan menopang kemajuan UMKM khususnya di sektor pertanian, peternakan dan wisata kuliner.

“Kebangkitan ekonomi bangsa Indonesia yang dipromotori oleh Barisan Republik dan WCN Foundation dimulai dari Provinsi Jawa Barat,” ungkap Febryan, yang juga menjabat Ketua Yayasan Widya Citra Nusantara (WCN) Foundation ini, saat dibincangi usai pelantikan.

Menurut dia, ekonomi bangsa ini akan kokoh jika pelaku UMKM-nya tumbuh dan berkembang. Pihaknya juga mengapresiasi Barisan Republik Jabar yang tampak antusias ingin menumbuhkembangkan perekonomian di daerahnya.

‘’Jabar akan menjadi percontohan bagi daerah lain,’’ ucap Ketua PADMI (Persatuan Artis Dangdut dan Musisi Indonesia) ini.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Barisan Republik Febryan Adithya menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pembentukan Pengurus Barisan Republik kepada Ketua DPW Barisan Republik Jawa Barat, Moch Noor Daswan Muda S.Pd MM di Gedung Puskud Jabar, kota Bandung.

Ketua DPW Barisan Republik Jabar, Moch. Noor Daswan Muda S.Pd MM mengatakan, pelantikan pengurus DPW Barisan Republik Provinsi Jabar merupakan starting point bagi seluruh pengurus dan anggota dalam menjalankan program kerja organisasi. “Barisan Republik merupakan ormas yang berbasis peningkatan ekonomi kerakyatan,” ungkap Daswan, usai pelantikan.

‘’Barisan Republik akan menjadi mitra pemerintah dalam membangun ekonomi kerakyatan, sehingga masyarakat terhindar dari praktik ijon, cengkeraman rentenir dan kerugian serta kemiskinan terstruktur,’’ lanjut dia.

Daswan menjelaskan, setiap pelaku usaha yang terdaftar sebagai anggota Barisan Republik akan mendapatkan bantuan pinjaman modal usaha tanpa agunan.

Adapun kepesertaan anggota, sambung Daswan, dibuktikan dengan kartu tanda anggota (KTA) Barisan Republik. Potensi besaran pinjaman yang akan disalurkan untuk UMKM di Jabar mencapai triliunan rupiah. Dirinya juga mengaku bangga, karena Barisan Republik Jabar menjadi yang pertama dikukuhkan dan dilantik kepengurusannya oleh ketua umum.

Daswan menambahkan, DPW Barisan Republik Provinsi Jabar telah membentuk Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barisan Republik di 5 kabupaten/kota, yakni di kota Bandung, kabupaten Bandung, kabupaten Bandung Barat, kota Cimahi dan kabupaten Subang. Seluruh anggotanya mencapai ribuan orang.

‘’Insyaallah, di waktu dekat akan segera terbentuk DPD kabupaten Garut, kota Sukabumi, kabupaten Sukabumi, kabupaten Bogor, kota Bogor, kota Tasikmalaya, kabupaten Cianjur, kabupaten Purwakarta dan kabupaten Ciamis,’’ imbuhnya.

Tampak hadir dalam pelantikan DPW Barisan Republik Jabar ini di antaranya, Ketua Umum DPP Barisan Republik Febryan Adithya didampingi Sekretaris Umum DPP Barisan Republik Tohonan Nababan, Para Pengurus dan Anggota DPW Barisan Republik Jabar, perwakilan 5 DPD kabupaten/kota di Jabar, serta para tamu undangan lainnya.

Sekedar informasi, Barisan Republik berdiri sebagai perpanjangan tangan dari Yayasan Widya Citra Nusantara (WCN Foundation) yang dibina oleh Ibu Siti Hardiyanti dan Bapak Ari Sigit. Barisan Republik menghimpun para pelaku UMKM, petani, peternak dan pelaku bisnis wisata yang sangat memerlukan permodalan, bimbingan tata kelola, dan pemasaran. (***)

Editor: Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button