Lampu Surya Hilang, Akan Diganti Yang Konvensional

0
146

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU- Banyaknya lampu jalan yang hilang menjadikan Jalan Lingkar Selatan menjadi gelap gulita. Hal itu tentu membawa dampak buruk karena daerah tersebut rawan akan tindak kriminal.

Yanto (36) salah satu warga Kelurahan Mesat Kecamatan Lubuklinggau Timur II mengatakan, banyaknya lampu yang hilang sepanjang jalan di lingkar selatan bisa menimbulkan aksi begal.

“Kami berharap pemerintah melalui istansi terkait segera untuk memperbiki lampu jalan tersebut agar tidak menjadi gelap gulita di malam hari,’’ harapnya, Rabu (15/11).

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Masyarakat Emra Endi Kusuma melalui Kabid Sarana, Prasarana dan Utilitas, Misno mengatakan, lampu jalan yang hilang tersebut jumlahnya 40 lampu termasuk juga solar panelnya (tenaga surya).

“Untuk satu solar panel yang hilang itu harganya bisa menjapai 3,5-6 juta. Karena solar panelnya hilang maka seluruhnya tidak bisa lagi berfungsi,” ujar Misno.

Untuk sementara ini akan dipasang sistem lampu konvensional, kalaupun hilang lagi yang hilang cuma berupa luminiernya.

“Kita tidak punya kemampuan untuk menjaganya, karena minimnya PJU. Padahal untuk sistem pengamanannya sudah dipasang tapi nyatanya hilang,’’ tandas Misno.

Laporan            : Donna Apriliansyah

Editor/Posting   : Imam Ghazali