Lalu Lintas Macet Akibat Peresmian BPR

97

Sumateranews.co.id, BATURAJA – Sebagian jalur kendaraan di Jalan A Yani ditutup lantaran adanya kegiatan ceremonial Launching Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Baturaja yang diresmikan oleh Bupati OKU Drs H Kuryana Azis pada Senin (21/08). Akibat penutupan jalan tersebut mengakibatkan kawasan jalan ini macet.

Para pengendara yang sudah terlanjur melintasi jalan itu spontan membunyikan klakson kendaraan masing-masing karena kesal, sehingga suasana semakin gaduh dan antrean kendaraan pun tampak sangat panjang.

Pantauan wartawan di lapangan, gara-gara ada acara tersebut sebagian jalan tertutup tenda dan kursi. Bahkan setengah jalan hampir tertutup tenda dan jalan pun jadi menyempit. Akibatnya, anggota Pol PP dan anggota Dishub OKU terlihat sibuk mengatur jalan.

Anton Sujarwo salah seorang pengendara yang melintas di lokasi acara mengaku kesal. Pagi itu ia hendak menenui koleganya. Ia mengaku, buruh-buruh. Namun begitu terkejutnya ia saat hendak lewat di Jalan A Yani, akses jalan ditutup, sehingga terpaksa dirinya memutar kendaraan dan melalui jalan lain.

Sementara Kapolres OKU AKBP NK Widayana Sulandari melalui Kasat Lantas AKP Candra Kirana Putra SIk saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, jika memang ada pihak dari BPR menyurati pihaknya untuk meminta izin menutup seluruh jalan saat kegiatan tersebut.

Namun perwira balok tiga ini mengatakan, jika pihak BPR tidak melakukan koordinasi kapan waktu pelaksanaan. “Memang ada pihak BPR meminta izin penutupan jalan, namun tidak kita kasih karena mengingat jalur tersebut kawasan tertib lalulintas dan juga mereka meminta penutupan jalan itu saat jam sibuk,” kata Kasat.

Kemudian lanjut dia, pihaknya akhirnya menyetujui izin untuk menggunakan sebagian jalan saja, tidak boleh menutup seluruh jalan. “Dengan konsekuensi kita alihkan kendaraan yang melintas di jalur kiri memutar lewat taman kota dan simpang empat Satlantas Polres OKU,” ucap Candra.

Kasat menjelaskan, bangunan kantor BPR Baturaja belum memiliki izin andalalin, karena itu setelah peresmian ini sat lantas akan menyurati pihak BPR untuk rekomendasi pembuatan surat izin andalalin. “Kemudian kita juga akan menyurati BPR untuk menyiapkan parkir alternatif, sehingga tidak akan ada kemacetan di lokasi tersebut. Karena kita tahu sendirilah, kantor BPR tidak memiliki parkir yang luas, jika banyak yang bertransaksi pasti macet jalan itu,” pungkasnya.

Laporan : Duan Sipni

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here