Lahan Diklaim PT KAI, Warga Lapor DPD RI

0
315

Sumateranews.co.id, LAMPUNG- Puluhan warga Kecamatan Labuanratu yang tempat tinggalnya berdekatan dengan rel kereta api, mengunjungi Kantor Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Provinsi Lampung di Jalan Patimura Teluk Betung Utara, Kamis (26/10).

Kedatangan mereka tersebut adalah untuk bertemu dengan anggota DPD RI Andi Surya untuk berkomunikasi secara langsung terkait masalah lahan tempat tinggal mereka yang diklaim adalah milik PT KAI (Kereta Api Indonesia).

Puluhan warga tersebut terdiri dari Kelurahan Labuhanratu Raya, Labuhanratu, Kotasepang, dan Kampungbaru.

Andi Surya menyambut kedatangan mereka dengan mengucapkan salam hormat kepada seluruh warga.

Dalam sambutannya, Andi Surya menyampaikan keprihatinannya kepada warga pinggir rel yang hingga kini status kepemilikan lahannya masih belum jelas.

“Dua tahun lalu saat saya baru dilantik, saya diceritakan oleh salah satu rekan saya yang tinggal di dekat rel Kelurahan Sawahbrebes tentang masalah lahan yang diakui milik PT KAI. Saat itu saya ikut serta turun langsung ke lokasi. Dari situlah tumbuh keinginan saya untuk memperjuangkan lahan warga pinggir rel,” kata Senator asal Lampung ini.

Menurut Andi, secara hukum lahan kosong yang ada di pinggiran rel itu adalah milik negara yang tidak terdaftar di mana pun, termasuk di PT KAI Lampung.

“Anehnya, selama ini PT KAI mengklaim tanah-tanah dekat rel tersebut adalah miliknya hanya dengan berdasarkan GroonKaart (peta zaman Belanda),” jelasnya.

Sedangkan, lanjut Andi, saat ini Indonesia sudah merdeka. “Jadi untuk apa PT KAI masih mengacu dengan surat tersebut. Kan tidak benar ini,” terangnya.

Menurut Andi, setiap penduduk yang sudah menempati lahan lebih dari 20 tahun, artinya lahan tersebut sudah bisa dibuatkan sertifikat.

“Program sertifikasi tanah rakyat saat ini menjadi salah satu program utama pemerintah pusat,” ujarnya.

Untuk menyelesaikan masalah ini, perlu kerja sama banyak pihak. “Maka kita harus kerja sama untuk sama-sama berjuang. Kalau saya sendirian berjuang juga untuk apa, tidak ada gunanya. Di sini saya hanya memfasilitasi keluhan warga,” jelasnya.

Seluruh masyarakat yang hadir dalam kesempatan itu tampak senang dengan adanya dukungan dari Andi Surya. Mereka tampak bersorak mendukung penuh keinginan Andi untuk memperjuangkan lahan warga. Mereka juga tampak bertepuk tangan di sela-sela pembahasan.

 

Laporan            : Dedy

Editor/Posting   : Imam Ghazali