Laga Perdana Senegal Unggul 2-1 atas Polandia

0
92
Foto: fifa.com)

Sumateranews.co.id, RUSIA – Timnas senegal di luar dugaan mencatatkan kemenangan di laga pertama kontra Polandia. Mengandalkan kolektivitas permainan, Sadio Mane dan kolega menang tepis 2-1 di Spartak Stadium, Selasa (19/6/2018). Sementara Polandia terlalu sering menyia-nyiakan peluang.
Kedua tim sama-sama mengambil inisiatif serangan sedari awal. Polandia mengandalkan para pemain sayapnya untuk mengancam pertahanan Senegal.
Jakub Blaszczykowski dan Kamil Grosicki silih berganti melancarkan serangan. Namun, setiap usaha yang dibangun masih dapat diantisipasi dengan benar para pemain Senegal.
Senegal langsung mendapat kans mencetak gol melalui sepakan bebas Mbaye Niang. Eks pemain AC Milan itu dilanggar saat mencoba masuk ke area berbahaya Polandia. Sayang, tendnagan bebas yang diambilnya masih belum menemui sasaran di menit ke-14.
Kedua tim dapat dikatakan hanya bermain di lapangan tengah. Polandia dan Senegal sulit memasuki wilayah lawan. Sekalipun sukses, peluang yang didapat kerap terbuang percuma akibat penyelesaian akhir yang buruk.
Ketiga laga Polandia versus Senegal tidak ada tembakan yang tepat sasaran hingga menit ke-36, Senegal justru berhasil unggul satu menit kemudian.
Tembakan Idrissa Gana Gueye di menit ke-37 berbelok arah lantaran mengenai badan Thiago Cionek. Pengawas pertandingan lantas memutuskan jika gol yang terjadi merupakan gol bunuh diri dan Cionek pun menjadi pemain Polandia pertama yang melakukannya di Piala Dunia. Skor 1-0 untuk Senegal hingga turun minum.
Memulai babak kedua, Polandia berhasrat untuk mengejar ketertinggalan satu gol. Tujuh menit setelah kick off babak kedua dimulai, Robert Lewandowski nyari menyamakan kedudukan.
Berawal dari pelanggaran Sadio Mane yang mamaksa wasit memberinya kartu kuning dan tendangan bebas untuk Polandia. Lewandoski yang maju sebagai eksekutor menarget sisi kiri gawang. Namun, usahanya sia-sia setelah kiper senegal Khadim N’Diaye masih bisa menjangkaunya.
Nahas bagi Polandia yang sedang berusaha mencari gol penyeimbang. Senegal berhasil mencetak gol kedua memanfaatkan kesalahan lini belakang lawan.
Mbaye Niang dengan mudah mengarahkan bola ke gawnag kosong usai blunder yang dilakukan kiper dan pemain belakang Polandia. Senegal menjauh 2-0 di menit ke-60. usai gol tersebut Pelatih senegal Aliou Cisse menginstruksikan anak asuhnya untuk fokus bertahan.
Tampak para pemain Polandia mulai frustasi dalam upaya mencetak gol balasan. Upaya mereka kerap gagal termasuk saat umpan Lukasz Piszczek ke daerah berbahaya Senegal yang gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Arkadiusz Milik.
Polandia belum mau menyerah dengan menguasai 59 persen jalannya pertandingan. Akan tetapi, para pendukung Polandia di bangku penonton kompak memasang wajah muram dan terdiam.
Grzegorz Krychowiak akhirnya sukses melesakkan gol ke gawang Senegal di menit ke-86. Sundulan kerasnya memanfaatkan umpan lambung Kamil Grosicki memperkecil keadaan menjadi 1-2.
Mendominasi laga dengan 68 persen penguasaan bola tidak cukup bagi Polandia meraih gol penyeimbang. Setelah 90 menit dan tambahan waktu usai kedua tim tidak lagi mencetak gol. Tiga poin pun menjadi milik Senegal.
Sepanjang laga, menurut catatan FIFA, Polandia melepaskan empat tembakan akurat dari sepuluh usaha, dengan penguasaan bola 58 persen. Adapun Senegal melepaskan dua tembakan jitu dari delapan percobaan.

SUSUNAN PEMAIN
POLANDIA (4-4-1-1)
Wojciech Szczesny; Lukasz Piszczek (Bartosz Bereszynski 83), Thiago Cionek, Michal Pazdan, Maciej Rybus; Piotr Zielinski, Grzegorz Krychowiak, Jakub Blaszczykowski (Jan Bednarek 46), Arkadiusz Milik (Dawid Kownacki 73); Kamil Grosicki; Robert Lewandowski
Pelatih: Adam Nawalka

SENEGAL (4-4-2)
Khadim N’Diaye; Moussa Wague, Salif Sane, Kalidou Koulibaly, Youssouf Sabaly; Ismaila Sarr, Alfred N’Diaye (Cheikhou Kouyate 87), Idrissa Gana Gueye, Sadio Mane; Mame Biram Diouf (Cheikh Ndoye 62), Mbaye Niang (Moussa Konate 76)
Pelatih: Aliou Cisse

 

Sumber : Bolalob
Editor    : Syarif