Kurangnya Partisipasi Pemilih, Pemkab Muba Instruksikan Kades dan Camat Ajak Warga Melalui Toa Masjid Datangi TPS

0
129

Sumateranews.co.id, SEKAYU- Kurangnya partisipasi masyarakat pemilih untuk menggunakan hak pilihnya dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan di Kabupaten Musi Banyuasin terlihat dari beberapa TPS di beberapa desa sepi pemilih.

Bahkan panitia yang bertugas pun terlihat santai dan tidak begitu disibukkan melayani masyarakat yang datang melakukan pencoblosan. Namun demikian, berdasarkan pantauan di lapangan suasana pemilihan Gubernur Sumsel yang dilaksanakan pada hari ini Rabu (27/06/2018) aman dan kondusif. Mendapati fenomena ini, pemerintah Kabupaten Muba menginstruksikan Kepala Desa dan perangkatnya di setiap kecamatan untuk mengumumkan kepada warganya melalui pengeras suara di masjid dan mushola supaya menggunakan hak pilihnya dengan melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) setempat. Wakil Bupati Muba Beni Hernedi punya cara tersendiri untuk menggerakkan masyarakat Muba menggunakan hak pilih.

Wabup yang akrab disapa dengan Kuyung Beni ini menginstruksikan Kades serta Camat untuk menggunakan pengeras suara masjid atau Toa Masjid untuk mengajak warga menggunakan hak pilih.
“Saya minta kades/kadus serta camat manfaatkan media pengeras suara di mushola/ masjid agar diimbau warga yang belum mencoblos untuk datang ke TPS,” ungkapnya.

Menurutnya, upaya tersebut bisa menggerakkan warga dengan cepat untuk menggunakan hak pilih sebelum waktu yang ditentukan habis. “Harus ada upaya supaya partisipan pemilih tinggi, nah pengumuman pakai toa masjid ini bisa jadi solusi,” tukasnya.

Laporan : Hasbullah Anwar
Editor/Posting : Imam Ghazali