Prabumulih

Kunjungi Rutan, Richard Berikan Solusi Ketersediaan Air Bersih

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Dalam upaya memperbaiki tatanan pemerintahan Kota Prabumulih dan menghadirkan pemerintah di seluruh lapisan masyarakat, Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Prabumulih, H Richard Cahyadi melakukan kunjungan ke Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kota Prabumulih. Di aula rutan, Pj Wako terlihat berbaur dengan para warga binaan, Senin (25/6).

Tidak sekadar mengunjungi, Pj Wako bahkan menjawab keluhan utama warga binaan rutan yang selama ini belum bisa diakomodir oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih sebelum dirinya menjabat. Di depan warga binaan, Richard mengatakan jika dirinya hadir sebagai representasi pemerintah agar kehadiran sosok pemimpin juga bisa dirasakan oleh semua kalangan. “Sebenarnya masalah ketersediaan air bukan hanya menjadi masalah bagi rutan, melainkan seluruh masyarakat Prabumulih,” ungkapnya menjawab keluhan yang disampaikan langsung oleh perwakilan warga binaan.

Masih kata Richard, dirinya heran kenapa Kota Prabumulih yang tidak begitu luas dan dengan penduduk yang juga tidak begitu banyak, justru merupakan kota yang paling kecil jumlah warganya yang menikmati air bersih dengan angka hanya 20 persen.

“Kemana Pemkot Prabumulih selama ini? Padahal sumber air di Prabumulih terbilang banyak, dan salah satunya adalah Sungai Kelekar. Kota kita ini kalau hujan banyak air, tapi ketika kemarau air bersih sulit didapatkan,” ujarnya dan mengatakan jika seharusnya pemkot sebelumnya bisa menyelesaikan persoalan tersebut.

Untuk menjawab keluhan warga binaan rutan, Pj berencana untuk membantu pihak rutan dengan menganggarkan bantuan tersebut pada anggaran belanja tambahan (ABT) tahun 2018.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Komandan Yon Zipur beberapa waktu lalu. Ternyata, mereka mempunyai alat bor canggih yang bisa mengebor sampai kedalaman antara 150 sampai 200 meter di bawah permukaan tanah. Dengan begitu pemerintah hanya akan menyiapkan pipa paralon saja, sehingga tidak membutuhkan dana yang banyak,” jelasnya seraya menyayangkan mengapa pemimpin Prabumulih sebelumnya tidak membangun komunikasi untuk mengatasi persoalan air bersih.

Sementara, Kepala Rutan Klas IIB Prabumulih, Ronaldo De Vince Talesa AMd IP SH menyambut baik niat Pj Wako untuk membantu pengadaan air bersih di Rutan. “Kami sangat mengapresiasi adanya kunjungan kepala daerah yang siap turun langsung dan menanyakan langsung apa yang menjadi keluhan dan kendala petugas dan warga binaan Rutan,” ungkapnya.

Masih kata De Vinci, pihak Rutan menganggap kedatangan tersebut sangat berkesan dan memang momen yang ditunggu. “Masalah air sudah mulai dirasakan saat warga binaan yang awalnya hanya sekitar 200 orang, membengkak menjadi 444 orang. Dengan banyaknya penghuni, otomatis semakin tunggi juga kebutuhan air bersih,” jelasnya.

“Kami sangat berterima kasih dengan kepedulian Pj Wako dan pihak lainnya yang sudah banyak membantu sarana dan prasarana di Rutan Prabumulih,” tandasnya.

Laporan : Irfan
Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button