KPUD MUARAENIM RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN KAMPANYE

0
92

Sumateranews.co.id, MUARAENIM – Menjelang masa kampanye Pilkada serentak 2018, KPU Muaraenim menggelar rapat koordinasi di Hotel Griya Serasan Sekundang, Senin (12-02-2018).

Kegiatan itu diikuti oleh 80 orang dari PPK dan Panwascam se-Kabupaten Muaraenim, pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa perguruan tinggi di Muaraenim serta tim pemenangan bakal paslon yang telah mendaftar di KPU Muaraenim.
Ketua pelaksana kegiatan, Suryadi mengatakan, kegiatan itu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai tahapan kampanye untuk meningkatkan kualitas Pilkada serentak 2018 di Kabupaten Muaraenim.
“Kegiatan itu juga untuk menyampaikan kepada paslon yang telah mendaftar di KPU, bahwa mereka mempunyai hak yang sama untuk menyosialisasikan diri dan program kepada masyarakat,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua KPU Muaraenim Rohani menyampaikan pada 12 Februari KPU Muaraenim akan menetapkan paslon yang akan mengikuti Pilkada Muaraenim. Kemudian dilanjutkan pengundian nomor urut pada 13 Februari.
“Setelah itu, pada 15 Februari kita sudah memasuki masa kampanye. Untuk itulah kami mengundang saudara sekalian pada acara ini untuk mengikuti apa saja yang akan dijelaskan oleh narasumber mengenai tahapan kampanye, serta apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada masa kampanye,” paparnya.
Pada kesempatan itu, Rohani juga mengajak PPK dan Panwaslu selaku penyelenggara pemilu, untuk menjaga netralitas.
“Mari jaga netralitas serta jaga kesatuan dan persatuan, agar Pilkada Muara enim dapat terselenggara aman, lancar dan sukses,” pungkasnya.
SHINAR SYURYA MAJU PILKADA
Di sisi lain, KPUD Muaraenim juga telah menetapkan bakal pasangan Bupati dan Wakil Bupati Muaraenim Hj Shinta Paramita – Syuryadi (Shinar-Syurya) memenuhi syarat jumlah dukungan untuk maju di Pilkada Muaraenim melalui jalur independen.
Keputusan itu berdasarkan hasil pleno KPU Muaraenim mengenai Rekapitulasi Hasil Verifikasi Dukungan Paslon Perseorangan di aula KPU Muaraenim, Senin (12-02-2018).
Setelah dilakukan verifikasi faktual dukungan, jumlah dukungan paslon Shinar – Syurya sebanyak 38.825 dan sebarannya di 20 kecamatan dalam Kabupaten Muaraenim. Jumlah ini melebihi jumlah minimal yang ditetapkan KPU yaitu 35.124.
“Setelah dilakukan verifikasi faktual dukungan tambahan, pasangan Shinar – Syurya dinyatakan memenuhi syarat jumlah dukungan,” ungkap Rohani.
Sebelumnya, pasangan Shinar – Syurya kekurangan dukungan sebanyak 1.437 setelah dilakukan verifikasi faktual pertama oleh KPU Muaraenim pada Desember 2017 lalu. Namun pada verifikasi faktual kedua, paslon Shinar – Syurya dapat menambah jumlah dukungan sebanyak 5.113, sehingga jumlah dukungan yang memenuhi syarat yakni 38.825.

Laporan : Deka Saputra
Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article