KPUD Muara Enim Beri Tenggat Waktu 7 Hari 45 Caleg Terpilih Serahkan LHKPN

49
RAPAT PLENO PENETAPAN CALEG TERPILIH KPU MUARA ENIM: Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muara Enim, memberikan tenggat waktu selama 7 (tujuh) hari kepada 45 caleg terpilih untuk menyerahkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), terhitung usai Rapat Pleno penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan caleg terpilih, Senin sore (22/07/2019).

Sumaternews.co.id, MUARA ENIM – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muara Enim, memberikan tenggat waktu selama 7 (tujuh) hari kepada 45 caleg terpilih untuk menyerahkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), terhitung usai Rapat Pleno penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan caleg terpilih, Senin sore (22/07/2019).

“Sesuai aturan, Caleg itu harus segera melengkapi dan menyerahkan LHKPN dalam waktu 7 hari setelah pleno penetapan caleg terpilih,” sebut Ketua KPUD Kabupaten Muara Enim, Ahyahudin SH, saat menyampaikan sambutannya dalam rapat pleno yang digelar di Ballroom Hotel Griya Sintesa.

Menurut Ahyahudin, pelaporan LHKPN ke KPU adalah syarat mutlak yang harus diserahkan oleh para caleg terpilih.

“Dan tanda terima LHKPN menjadi salah satu syarat yang harus diserahkan ke KPU. Sebagian besar Caleg memang sudah ada menyetor sebelum masa pencoblosan. Tapi banyak pula yang menyerahkan usai penghitungan suara tingkat kota selesai,” jelas Ahyahudin.

Masih dikatakan Ahyahudin, dalam rapat pleno tersebut ditetapkan perolehan kursi partai politik di 4 (empat) Daerah pemilihan (Dapil) Kabupaten sebanyak 45 (empat puluh lima) kursi. 45 kursi tersebut didapatkan dari beberapa partai politik yang ditetapkan dengan Surat Keputusan KPUD Muara Enim

Berita acara penetapan tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua KPUD Muara Enim Ahyahudin SH, Ketua Bawaslu Muara Enim Suprayitno SH, dan saksi-saksi dari 16 Partai Politik, peserta Pemilu yang juga disaksikan langsung oleh pejabat di lingkungan pemerintah Muara Enim. KPUD Muara Enim menetapkan 45 Caleg terpilih hasil pemilihan Legislatif 2019 tingkat kabupaten.

“Mereka bakal mengisi kursi DPRD Muara Enim untuk periode 2019–2024, tinggal menunggu jadwal pelantikan. Selanjutnya keputusan KPU ini akan disampaikan kepada KPU Provinsi Sumatera Selatan,” sebut Ketua KPUD Muara Enim.

“Semua sudah ditetapkan, tidak ada sanggahan. Tinggal menunggu berkas kelengkapan anggota dewan terpilih. Jadwal pelantikan anggota dewan yang baru terpilih untuk periode selanjutnya diserahkan kepada Gubernur Sumatera Selatan,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam rapat pleno itu, Bupati Muara Enim yang diwakili oleh Staf Ahli SDM dan Kemasyarakatan Pemkab Muara Enim Panca Surya Diharta SH, Ketua Bawaslu Kabupaten Muara Enim Suprayitno SH, Kodim 0404 Letkol Inf Syarifuddin melalui anggotanya, Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono SH Sik MH melalui anggotanya, dan Kalapas Klas II B Muara Enim Hidayat Amd IP, PPK serta Calon anggota DRPD terpilih.

Laporan : Deka S

Editor     : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here