KPU Segera Tetapkan Askolani-Slamet Sebagai Bupati-Wakil Bupati Banyuasin Periode 2018—2023

0
135

Sumateranews.co.id, BANYUASIN – Sudah dapat dipastikan, KPU Banyuasin segera mengumumkan Paslon Pemenang Pilbup Banyuasin yang telah berlangsung tanggal 27 Juni lalu, yakni Paslon Solmet (Askolani-Selamet).

Dengan pengumuman tersebut, maka otomatis yang akan menjadi Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin periode 2018—2023 adalah Paslon Solmet.

Hal itu menyusul telah ditolaknya gugatan Paslon Nomor Urut 2 yakni H. Arkoni MD – Azwar Hamid oleh Mahkamah Konstitusi, Kamis (9/8) sekitar pukul 10.00 WIB tadi.

Sidang MK yang dipimpin langsung oleh Ketua Majelis yang juga Ketua MK Anwar Usman di Jalan Merdeka Barat No. 6 RT 02 RW 03 Jakarta Utara secara tegas menolak gugatan Paslon No Urut 2 terhadap Paslon Nomor Urut 5 H. Askolani dan H. Slamet.

Saat itu gugatan dengan Nomor Lapor: No.71/hk.3.1-Kpt/167/kpu/-Kab/v11218 mengatakan bahwa dianggap telah terjadi kecurangan yang fatal yang dilakukan oleh Paslon Nomor Urut 5 Askolani dan Slamet, sehingga Pilkada Kabupaten Banyuasin cacat hukum.

Namun dalam sidang putusan Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang digelar pada Kamis (09/08), menolak seluruh gugatan Pasangan H. Arkoni MD dan Azwar Hamid.

Dengan adanya putusan dari MK ini, maka MK nantinya akan mengirimkan hasil keputusan ke KPU Banyuasin dan ini menjadi dasar untuk penetapan pemenang Pilkada Banyuasin untuk pasangan Solmet.

Laporan          : Herwanto
Editor/Posting : Imam Ghazali