KPU OKU Gelar Sosialisasi Administrasi dan Verifikasi Faktual

0
231

Sumateranews.co.id, BATURAJA – KPU Kabupaten OKU menggelar kegiatan Sosialisasi Tahapan Perbaikan Administrasi dan Verifikasi Faktual Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 di Aula Grand Kemuning Baturaja pada hari Selasa (28/11). Hadir dalam sosialisasi tersebut 19 partai lama maupun yang baru.

Dalam penjelasan materinya, Ketua KPU Kabupaten OKU Naning Wijaya ST didampingi dua komisioner KPU dan staf lainnya menjelaskan setelah hasil penelitian administrasi yang disampaikan KPU Kabupaten OKU kepada 14 kepada 14 parpol pada hari Kamis tanggal 16 November 2017 lalu, maka partai politik atau parpol memiliki waktu 14 hari untuk melakukan perbaikan dokumen termasuk data keanggotaan hingga tanggal 1 Desember 2017 (PKPU 11/2017 Pasal 27 Ayat 4). “Perbaikan data keanggotaan parpol yang dinyatakan TMS atau Tidak Memenuhi Syarat paling sedikit sejumlah kekurangan keanggotaan (PKPU 11/2017 Pasal 27 ayat 3,” jelasnya.

Naning menambahkan pihak KPU OKU akan melakukan verifikasi faktual kepengurusan parpol dengan cara mendatangi kantornya, sementara  keanggotaannya dengan metode sensus dan sampel acak sederhana. “Metode sensus digunakan jika tidak lebih dari 100 data anggota, tetapi sampel acak sederhana jika lebih dari 100. Jika verifikasi faktual kepengurusan dilakukan oleh kami komisioner KPU OKU, sementara keanggotaan parpol oleh tim beranggotakan 26 orang,” imbuhnya.

Lebih lanjut Salah satu staf Komisioner Divisi Hukum KPU menerangkan dalam hal berdasarkan hasil penelitian administrasi dokumen persyaratan parpol dinyatakan belum lengkap atau belum memenuhi syarat atau tidak, parpol tersebut dapat memperbaiki dan melengkapi persyaratan administrasi. “Partai politik menyampaikan perbaikan dokumen persyaratan administrasi dengan beberapa ketentuan. Selanjutnya pihak KPU Kabupaten OKU akan melakukan penelitian administrasi perbaikan,” tandasnya.

Laporan             : Duan

Editor/Posting    : Imam Ghazali