KPU Minta Dinkes Siagakan Tenaga Medis di PPK

24

Sumateranews.co.id, BATURAJA  –  Proses Pleno Rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019, Calon Anggota DPR RI, DPD, DPRD Prov dan DPRD Kab/kota serta Presiden dan Wakil Presiden RI masih berlangsung di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang ada di Kabupaten OKU.

Ketua KPU Kab OKU, Naning Wijaya melalui Devisi Teknis Penyelenggara, Yudi Risandi, Rabu (24/4) menjelaskan, mengingat waktu yang panjang dan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, maka pihaknya bersurat kepada bupati, Cq Dinas Kesehatan OKU untuk meminta bantuan tenaga medis.

Tenaga medis ini disiapkan untuk mengakomodir dan memberikan pelayanan kepada petugas penyelenggara pemilu yang melaksanakan tugas di lapangan. Khususnya saat proses pleno.

“Petugas kesehatan itu, kita dibantu dari tenaga media di Puskesmas di masing-masing kecamatan yang ada di OKU. Jadi sewaktu-waktu tenaga media bisa datang,” katanya.

Di samping itu, Yudi menjelaskan, memang tidak ada anggaran untuk jaminan kesehatan petugas di lapangan. Maka itu mereka meminta bantuan dengan pemerintah setempat.

“Meski tidak ada anggaran khusus kesehatan ini, tetapi kami akan membantu sesuai kemampuan yang ada. Misalnya saat ada petugas KPPS yang meninggal kemarin, kita pihak KPU sudah melayat dan juga memberi santunan,” katanya.

Yudi menjelaskan, memang proses pemilu kali ini memakan waktu yang cukup panjang. Tidak dipungkiri di beberapa wilayah ada petugas yang kelelahan.

“Maka itu kami bersama pemerintah bekerja sama menyiapkan tenaga medis untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan,” katanya.

Disinggung sampai kapan proses pleno rekapitulasi di tingkat PPK selesai, Yudi menjelaskan, sesuai jadwal 28 April ini selesai di tingkat PPK. Selanjutnya akan dilakukan pleno di tingkat kabupaten.

 

Laporan          : Duan/Putra

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here