KPU Banyuasin Gelar Rakor Persiapan Kampanye Paslon

0
144

Sumateranews.co.id, BANYUASIN- Setiap Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin yang telah resmi ditetapkan oleh KPU Banyuasin pada tanggal 12 Februari ini, tidak perlu lagi mengeluarkan biaya kampanye yang besar karena bahan atau alat peraga kampanye seluruhnya akan difasilitasi oleh KPU Kabupaten Banyuasin.

Hal itu terungkap pada Rakor yang digelar secara terbuka sekaligus menghadirkan narasumber terdiri Panwaslu, Kesbang Pol dan Polres Banyuasin guna mensosialisasikan teknis tahapan kampanye kepada tim sukses pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin.

Hal itu disampaikan langsung oleh Anggota Komisioner KPU Banyuasin Salinan ketika dalam mengelar rapat koordinasi Persiapan Kampanye Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin diaula KPU, Senin (5/2) Pukul 14.00 WIB.

Salinan mengatakan aturan teknis kampanye, KPU Banyuasin yang berwenang mengatur seluruh bahan kampanye. Dimulai dari alat peraga kampanye dan media massa cetak dan elektronik termasuk lokasi kampanye sudah ditentukan.

“Paslon cukup desain foto paslon, jika ada tambahan bahan kampanye boleh sebanyak 100 persen dan begitu juga materi iklan politik harus ukuran dan durasi sesuai dengan ketentuan KPU,” jelasnya.

Selaim aturan itu, kata dia isi baleho-baleho kampanye paslon, hingga kampanye dalam bentuk-bentuk pertemuan juga diatur oleh KPU Banyuasin.

“Artinya sangat banyak regulasi yang wajib dipahami agar tidak terjadi kesalahan. Kampanye ini bagian yang sangat penting,” ujarnya.

Untuk diketahui, masa kampanye Pilkada serentak 2018 akan berlangsung sejak 15 Februari hingga 23 Juni 2018. Dalam tahapan ini seluruh pasangan calon akan menggelar kampanye di tengah masyarakat. “Sejak saat ini seluruh komisioner kami harapkan agar memahami teknis kampanye dan manajerial kampanye. Dengan pemahaman ini maka masing-masing kita semua paham soal pengadaan hingga tata cara distribusi dan semuanya sehingga tidak ada yang tertinggal,” ujar Dahri Ketua KPU Banyuasin.

Sedangkan, Ketua Panwaslu Kabupaten Banyuasin Iswadi, mengimbau kepada para tim sukses paslon yang mempunyai Akun Facebook, Instagram, dan Tweeter untuk mendaftarkan Akun-akun mereka ke KPU Banyuasin dan Panwaslu, sebab tujuan dari pendaftaran Akun media sosial tersebut dikarenakan banyak akun facebook yang hanya untuk menghujat dan menyerang paslon lain, diharapkan dengan adanya akun resmi dari para timses dapat menciptakan pemilu damai dan aman tanpa ada kekisruhan. “Kami minta untuk para timses yang mensosialisasikan paslonnya, melalui media masa seperti Facebook, Instagram dan Tweeter untuk mendaftarkan akun mereka ke KPU, bila tidak terdaftar maka akan kita tindak bersama KPU Banyuasin dan Polres Banyuasin,” tegas Iswadi.

Laporan : Herwanto
Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article